Bappelitbang Tanggamus Laksanakan Pendampingan Mahasiswa KKN Unila

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung ( HS ) – Kegiatan KKN UNIVERSITAS LAMPUNG (UNILA) Periode I Tahun 2020 yang dilaksanakan pada 3 Januari – 10 Februari 2020 berada di 10 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bulok, Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Ulu Belu, Pulau Panggung, Limau, Sumberjo, Kota Agung Pusat, Air Naningan, dan Cukuh Balak. Dan tersebar di 100 Pekon dengan jumlah keseluruhan 729 mahasiswa.

Kamis, 30 Januari 2020 Bappelitbang Tanggamus melaksanakan Pendampingan mahasiswa KKN Unila berlokasi di Kecamatan Sumberejo dan kecamatan Ulu Belu.
” Tujuannya kami monitoring pelaksanaan KKN dan memberikan pendampingan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa KKN tersebut. Hal ini sebagai bahan evaluasi bagi pelaksanaan KKN Unila berikutnya, agar diperoleh manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus pada umumnya dan masyarakat di Pekon yg bertempatan mahasiswa KKN pada khususnya,” ujar Setyawan Arfiyanto Kabid Litbang Bappelitbang

Di Kecamatan Sumberejo rata-rata Program kerja Mahasiswa KKN per Pekon telah dilaksanakan 70-80 persen, demikian juga di Kecamatan Ulu Belu berkisar antara 65 – 80 persen program kerja telah dilaksanakan.

KKN Unila di Kecamatan Sumberejo melaksanakan kegiatan Pelatihan Kreatifitas Pelajar di Sekolah Dasar Negeri 2 Argomulyo, sedangkan di Kecamatan Ulu Belu sedang dilaksanakan kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat dalam hal Pasca Panen Kopi di Rumah Belajar Beloe Kopi di Pekon Suka Maju.

Camat Ulu Belu Suwarno menyatakan sangat mendukung program KKN Unila di Pekon Pagar Alam Kecamatan Ulu Belu yang menginisiasi pembentukan BUMDES Pengelolaan Bank sampah. Permasalahan sampah di Pekon Pagaralam, Karangrejo, Muara Dua dan Gunung Tiga merupakan permasalahan krusial untuk dicarikan solusinya.

Masih ada masyarakat memanfaatkan sungai sebagai sarana untuk membuang sampah limbah rumah tangga. Dengan hadirnya Mahasiswa yang menginisiasi Manajemen Pengelolaan Sampah mudah-mudahan menjadi solusi bagi masyarakat untuk mengurai limbah rumah tangga dan menjadikan pola hidup masyarakat yang lebih sehat, bersih dan asri.

Monitoring Kabid Litbang dan Tim juga melihat Pemberdayaan masyarakat di Pekon Suka Maju, kehadiran KKN Mahasiswa Unila diharapkan memberikan nilai tambah bagi para petani kopi di Kecamatan Ulu Belu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com