Babinsa Koptu Edi Blusukan ke Kebun Sawit Bantu Warga Basmi Hama Tikus

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rawajitu Selatan (HS) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 426-02/Menggala, Kodim 0426/Tulang Bawang, jemput bola dengan cara blusukan Koptu Edi, anjangsana komunikasi sosial di kebun sawit warga Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang, Minggu (01/03/2020).

Dalam kegiatan komunikasi sosial (Komsos) yang dilakukannya dalam rangka mengecek secara langsung ke kebun sawit, melihat langsung usaha masyarakat memberantas hama tikus mencuri buah sawit dan bersembunyi di emak belukar di kebun sawit, menjadi musuh utama juga mengganggu tanaman padi sawah di sebelahnya., kata oleh Koptu Edi kepada hariansumatera,com Minggu (01/03)

Menurutnya kegiatan bersih-bersih di kebun sawit dilakukan oleh para petani sawit, karena mereka merasa tidak enak dengan para tetangga yang menanam padi sawah di seputaran kebun sawitnya, disadarinya kebun sawit menjadi sarang dan berkembang biaknya hama pengerat itu (tikus)..

Selaku Babinsa saya merasa bangga memiliki masyarakat binaan yang masih memiliki tenggang rasa terhadap tetangga lingkungan, perasaan tenggang rasa perlu dipertahan bahkan harus ditingkatkan untuk menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat, kata Edi.

Pesan Babinsa pada masyarakat petani sawit dan petani sawah, agar selalu menjaga situasi yang konduksif, jika ada hal- hal yang dianggap merugikan/membuat masalah, agar dikoordinasikan dengan baik, “harapan Koptu Edi .

Dicontohkan Joni (55) petani sawit yang hari ini (01/03) sedang membersihkan lahannya, dirinya merasa tidak enak hati karena mempunyai lahan sawit yang disekitarnya ada lahan sawah. Hama tikus banyak sekali keluar malam hari dari perkebunan kelapa sawit menyerang tanaman padi padi. . . Selain membasmi denganpakan racun, juga membersihkan semak belukar yang menjadi sarang tikus, hari ini minggu kami petani sedang membersihkan secara gotong royong, harapannya tikus- tikus tidak bersembunyi lagi di kebun, tuturnya petani sawit.(yuna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com