Miris, Siswa dari Kampung Yuda Karyajitu Tulangbawang Harus Melewati Jembatan Roboh Setiap Hari

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rawajitu (HS) – Jembatan penghubung Kampung Yudha Karyajitu dan Karyajitu Mukti kecamatan Rawajitu Selatan, Tulangbawang telah lama roboh. Tapi sampai saat ini masih digunakan anak-anak SD berangkat sekolah dan mengaji. Terkadang orangtuanya harus menggendong sampai seberang karena takut anaknya tercebur sungai, Minggu (29/09/2019).

Jembatan itu satu-satunya untuk menghubungkan Kampung Yuda Karyajitu dan Kampung Karyajitu Mukti. Namun sayang aparat kedua kampung itu tidak memperdulikan keselamatan warganya menyeberang jembatan roboh.

Warga berharap dinas terkait bisa membuatkan jembatan baru, menggantikan jembatan lama yang dibangun bersama kedua kampung itu, menggunakan dana GSMK ratusan juta rupiah.

Warga sangat menyayangkan bangunan jembatan sepanjang 20 meter itu tidak tahan lama, baru selesai beberapa bulan sudah roboh.

Adit (30) warga setempat kepada hariansumatera.com membenarkan hal itu, jebatan penghubung kedua desa itu panjang 20 meter lebar 2 meter, berdiri melintang diatas saluran tanggul penangkis, warga hawatir bangkai jembatan itu masih teronggok jatuh kesungai.

Bangkai jembatan itu masih digunakan anak-anak SD berangkat sekolah dan mengaji setiap harinya, para orang tua hawatir anaknya jatuh terpeleset kedalam sungai.

Jembatan itu dibangun pada masa kepemimpinan pasanagan Bupati Handoyo, tiga tahun lalu.

Bangkai jembatan selain merusak pemandangan, menghalangi keluar masuknya kendaraan air ke sungai Way Tulangbawang. Mekipun ada jembatan lain, anak-anak keberatan karna jauhnya PP 4 km.

Yendahren Kadis DPMKK Tulangbawang memberikan solusi, coba kedua aparat kampung itu bermusyawarah, mencari jalan keluar, menggunakan dana desa untuk membangun jembatan baru.

Bangkai jembatan sebaiknya diangkat agar tidak mengganggu lalulintas kendaraan air, coba diajukan proposalnya untuk tahun depan, siapa tau disetujui.

Sementara Sukerdi Camat Rawajitu Selatan membenarkan bangunan jembatan itu menggunakan dana GSMK, jembatan itu roboh karna tiang penyangganya amblas. (yuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com