455 Peserta Seleksi PPK Tanggamus Lolos Berkas

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Ratusan peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lolos seleksi berkas. Selanjutnya mereka akan ikuti tes tertulis yang digelar di Hotel VIP Gisting. ‎

Menurut Komisioner KPU Tanggamus Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Antoniyus, dari 480 pendaftar ada 25 pendaftar dinyatakan tidak lolos seleksi berkas. Ada beberapa persyaratan yang tidak terpenuhi mulai dari identitas diri, legalisir ijasah, bahkan masih menjadi anggota aktif partai politik.

“Pendaftar yang lolos seleksi berkas langsung diumumkan, dan selanjutnya bisa mengikuti tes tertulis yang merupakan lanjutan dari seleksi berkas. Sebab untuk menjadi PPK harus lolos beberapa tahap seleksi ditambah penilaian peringkat (rangking) dari semua seleksi,” ujar Antoniyus, Senin (23/10).

Ia mengaku, dari hasil seleksi berkas, memang ada pendaftar yang masih kurang dan itu sangat mempengaruhi kelolosan seleksi. Seperti pendaftar harus lampirkan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan dari disdukcapil. Bahkan ada pendaftar yang tercatat pernah mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif pada pileg 2014. Itu artinya yang bersangkutan bagian dari parpol, sementara syarat minimal lima tahun tidak terlibat dalam parpol. Sedangkan 2017 belum lewat lima tahun dari 2014.

Antoniyus menambahkan, dari 455 orang yang lolos seleksi berkas tersebut, pendaftar terbanyak yang lolos dari Kecamatan Kota Agung. Dari 50 pendaftar, 46 orang dinyatakan lolos seleksi berkas. Sementara yang terendah adalah Kecamatan Kelumbayan dari 13 pendaftar yang lolos dalam seleksi berkas sembilan orang. Harapan KPU di tiap kecamatan ada 10 orang, namun jika hasilnya kurang dari itu akibat proses seleksi maka tidak masalah.

Dalam hal ini, memang PPK harus berasal dari kecamatan setempat, sesuai dengan KTP atau surat keterangan. Maka tidak ada penempatan ke kecamatan yang sedikit atau pendaftar memilih kecamatan lain agar saingannya sedikit. Pada akhirnya nanti hanya ditetapkan lima anggota PPK di tiap kecamatan.

Sedangkan untuk lokasi tes tertulis diadakan didua tempat yakni Hotel VIP dan Hotel 21 Kecamatan Gisting. Pertimbangan di dua tempat karena di Tanggamus belum ada aula yang bisa menampung 400-an orang. Dan tes tertulis ini serentak dilakukan pada pukul 09.00 WIB demi memenuhi unsur keadilan.

Kemudian saat disinggung mengenai materi soal, Antoniyus mengaku tidak mengetahui. Begitu juga dengan lamanya waktu pengerjaan soal. “Soal dari KPU Provinsi Lampung, sampai sekarang masih disegel dan belum dibuka, nanti dibuka saat di lokasi tes
Jadi kami juga belum tahu soalnya seperti apa, apakah pilihan ganda atau esai, begitu juga dengan jumlah soal, dan waktu mengerjakan,” ujarnya.

Namun yang pasti dari tes selanjutnya akan dirangking menjadi 10 besar per tiap kecamatan. Setiap kecamatan ada 10 besar yang berhak untuk maju ke tahap selanjutnya yakni sesi wawancara. Pada sesi itu juga apabila ada sanggahan dari masyarakat akan dikonfrotir, sebab selama tahap pelaksanaan seleksi, KPU Tanggamus juga membuka layanan pengaduan masyarakat. Mereka boleh adukan apabila pendaftar PPK pernah terlibat hukum, narkoba, dan parpol. (sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com