Soal Bansos TIK SD Way Kanan, Kejari Tunggu BPKP

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Way Kanan – Hingga  kemarin (10/1), Kejari Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan Lampjng masih menunggu hasil audit yang dilakukan oleh pihak BPKP Lampung  terkait dugaan korupsi program bantuan sosial peningkatan mutu pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi  ( TIK ) Sekolah dasar di Way Kanan tahun 2014 lalu ( Bansos TIK SD tahun 2014 senilai Rp. 1,89 Miliar.

“Kami memang telah melakukan pemeriksaan terhadap semua pelaku yang diduga terlibat dalam pelaksanaan, bansos tersebut yang diduga terlibat langsung ataupun tidak langsung, akan tetapi, kami masih menunggu hasil audit dari BPKP, apakah memang terjadi seperti yang didugakan ataukah tidak, dans ebelum hasil auditr itu keluar, kami belum bisa berandai andai, “ ujar Kasipidus Kejari Blambangan Umpu Idwin Saputra, SH, mendampingi Kajari Blambangan Umpu, M. Hidayat, SH, MH, kemarin (10/1) di ruang kerjanya.

Lebih jauh , M Idwin Saputra menerangkan bahwa, Kejaksaan Negeri (Kejari) Blambangan Umpu telah melakukan penyidikan terhadap kasus korupsi program Bantuan Sosial Peningkatan Mutu Pembelajajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sekolah Dasar (SD) tahun 2014 Kabupaten Way Kanan atau yang lebih dikenal dengan Bansos TIK SD 2014 senilai Rp. 1,89 Milyar. Dimana hasil tahap awal penanganan penyidikan kasus Bansos TIK 2014 tersebut, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan, pihaknya telah memanggil sebanyak 15 kepsek. Pemanggilan itu dalam rangka mengumpulkan alat-alat bukti, dan hingga kini pihaknya masih menunggu hasil audit yang dilakukan oleh BPKP Lampung.

Diterangkan kasus bansos TIK SD 2014 atau E-Learning SD ini dilaporkan LSM Barisan Rakyat Anti Korupsi (BARAK) Kabupaten Way Kanan pada bulan Mei tahun 2015 lalu ke Kejaksaan Agung RI di Jakarta, yang ditengarai merugikan negara sebesar Rp. 800-an juta, karena diduga bansos tersebut menjadi bancaan sejumlah oknum pejabat di dinas pendidikan setempat. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com