Warga Desa Ogan Campang Jaya Tak Lama Lagi Bisa Manfaatkan Program Pamsimas

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Ogan Campang Jaya, Kecamatan Abung Pekurun, Lampung Utara (Lampura), sudah berjalan dua bulan terakhir dengan catatan progress mencapai 60 persen.

Menurut keterangan Pj. Kepala Desa Ogan Campang Jaya, Ibrahim, mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan serta dari laporan yang disampaikan Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), pelaksanaan pekerjaan program Pamsimas di Desa Ogan Campang Jaya berjalan baik merujuk pada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang diatur.

“Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan Pansimas di desa ini berjalan dengan baik tanpa ada hambatan suatu apapun. Mudah-mudahan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat,” kata Ibrahim, Senin, 16 Nopember 2020, di ruang kerjanya.

Ditambahkannya, pekerjaan yang dilakukan secara swakelola dengan memberdayakan masyarakat secara langsung dalam dua bulan sejak program yang diperuntukkan sebagai penyediaan air bersih bagi masyarakat setempat sudah mencapai 60 persen.

Di tempat yang sama, Fasilitator Program Pamsimas, Fajar, menyampaikan bahwa progress pembangunan porgram Pamsimas di Desa Ogan Campang Jaya cukup cepat meskipun realisasi dana baru masuk tahap kedua.

Kendati demikian KKM desa setempat untuk pencairan kedua meminta dana tersebut agar ditambah untuk mempercepat pembangunan yang sudah dinanti-nantikan masyarakat setempat.

“Ya, pencairan tahap kedua atas permintaan KKM agar dana itu ditambah untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan. Alhamdulillah pembangunannya cukup cepat dan berjalan dengan baik,” kata dia.

Ditambahkannya, dalam hal tahapan pelaksanaan, program Pamsimas bukan hanya difokuskan dengan kegiatan fisik saja, melainkan juga kegiatan nonfisik, seperti sosialisasi, bimbingan teknis satuan pelaksana dan juga bagi masyarakat.

“Sehingga, pelaksanaan teknis di lapangan bisa berjalan dengan semestinya.

Sementara itu, Ketua KKM Pamsimas Desa Ogan Campang Jaya, Jamaludin, mengatakan pembangunan program Pamsimas dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada.

“Seperti, dalam hal menentukan sumber air yang akan dialiri ke rumah-rumah warga juga berdasarkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang diatur pemerintah,” bebernya.

Dikatakan Jamaludin, disebabkan struktur tanah dalam yang mengandung bebatuan, pihaknya mengambil sumber mata air gravitasi.

“Metode ini diambil karena sumber mata air untuk mengaliri air bersih ke permukiman warga dinilai cukup efektif dan mampu menyuplai kebutuhan air warga. Jika melakukan metode pengeboran tentu akan mengalami hambatan dan hasil akhir pekerjaannya tidak akan maksimal,” terangnya.

Selain itu, Jamaludin juga mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan infrastruktur jamban dan pemyediaan wastafel di Sekolah Dasar Negeri Desa Ogan Campang Jaya.

“Dalam waktu dekat, apabila tidak ada kendala yang bersifat nonteknis, pekerjaan Pamsimas di sini akan dilanjutkan dengan pemasangan pipa air hingga ke permukiman warga sebagai pemanfaat penggunaan air Pamsimas,” ujar Jamaludin.

Dalam hal kualitas pipa yang digunakan pun, menurutnya, telah sesuai dan mengikuti petunjuk standarisasi penggunaan dan penyediaan peralatan.

“Di tempat sumber air yang kami jadikan sebagai penyuplai air kebutuhan warga, sebelumnya telah ada instalasi air yang telah lama dan tidak lagi dapat dipergunakan. Pipa-pipa lama itu tidak ada yang kami gunakan karena kondisinya serta kebutuhan peralatannya juga tidak sesuai standar yang telah ditetapkan, pipa yang tak terpakai itu milik tiga desa, jadi kami khususnya desa ogan campang tidak memakainya” ujarnya.

Pipa-pipa dimaksud, lanjut Jamaludin, merupakan milik tiga desa yang pernah memanfaatkan air dari lokasi tersebut untuk kebutuhan warganya.

“Pipa lamanya masih ada di lokasi dan memang tidak kami gunakan lagi. Kalaupun pihak desa terkait mau mengambilnya untuk satu keperluan, tinggal dibawa saja,” tutupnya.(ef/di)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com