Wakil Bupati Tanggamus Hi.A.M Syafi’i Menyerahkan Sertifikat Tanah Secara Virtual

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Wakil Bupati Tanggamus Hi A M Syafi’i menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada 5 warga perwakilan penerima sertifikat dari kantor BPN Kabupaten Tanggamus.

Penyerahan sertifikat tanah tersebut dilaksanakan secara virtual. Selain dari kabupaten Tanggamus juga diikuti oleh kabupaten lain seperti Kota Metro dan Kabupaten Lampung Utara, Jumat (3/7/2020).

Dalam sambutannya Rudi Prihantoro Kepala BPN Tanggamus menyampaikan Target PBT sebelum saving sejumlah 35.000 bidang dan setelah saving, menjadi 24.123 bidang dan target SHAT sebelum saving sejumlah 25.000 bidang dan setelah saving menjadi 13.000 bidang, yang terdiri dari 66 Desa/Pekon di 8 Kecamatan, untuk Survey telah selesai 100%, Pemetaan 75,79%, K1: selesai 100%, K2: 0, K3.1: 0 K3.2: 0 K3.3 sejumlah 5.558 bidang, K4 sejumlah 805 selesai 100% dan sebanyak 19 Desa/Pekon lengkap.

“Sertifikat selesai siap untuk diserahkan sejumlah 2.500 bidang Dan Penyelesaian PTSL Tahun 2020 ditargetkan selesai 100% di minggu ke-2 Bulan Juli 2020.” Ucapnya Rudi kakantah BPN Tanggamus.

Lanjutnya, Di tengah pandemi covid 19 yang merupakan musibah non alam yang menyebar di penjuru negeri khususnya di kabupaten Tanggamus Rudi mangaku dalam proses pembuatan sertifikat tanah di tengah pandemi ini sangat berpengaruh sekali.

“Secara umum program PTSL Kantah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Alhamdulillah. berjalan dengan baik dan lancar, akan tetapi terdapat kendala yaitu belum selesainya PBT di pihak ketiga. Hal ini dikarenakan, banyak Pokmas yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di desa masing-masing serta medan yang sulit untuk dijangkau.” Terangnya

Masih dengannya, Pada kesempatan yang baik ini, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama dan koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus, DPRD, TNI serta aparat penegak hukum dalam hal ini POLRI dan Kejaksaan yang senantiasa mendampingi kami mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan PTSL. Serta tidak terlepas dari dukungan Camat, Kepala Pekon yang tak henti-
hentinya memberikan support pada saat di lapangan maupun saat pengumpulan data fisik dan yuridis.

Dalam sambutannya Hi. AM.Syafii menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus sangat mendukung program pendaftaran tanah sistematis lengkap atau PTSL ini, karena sesuai dengan surat keputusan bersama 3 menteri tentang pendaftaran tanah sistematis lengkap yang memerintahkan kepada pemerintah Kabupaten untuk ikut mempercepat proses pendaftaran tanah sistematis lengkap ini.

“Selain itu juga masih sangat banyak masyarakat di Kabupaten Tanggamus yang belum memiliki Surat Tanah sehingga terkadang hal tersebut melahirkan masalah yang berujung konflik hukum atau juga terhambatnya usaha warga masyarakat karena surat tanah yang tidak ada sebagai jaminan bagi tambahan modal usaha perbankan.” kata AM Syafi’i.

Masih dengannya, Dukungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk program pendaftaran tanah sistematis lengkap ini salah satunya adalah kita fasilitasi dengan membentuk tim pendampingan persiapan pendaftaran tanah sistematis lengkap, tim tersebut akan membantu Kantor pertanahan Kabupaten Tanggamus untuk mengumpulkan data masyarakat yang ikut dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap pada setiap pekon atau kelurahan yang nantinya data tersebut akan diserahkan kepada Kantor pertanahan untuk diproses sertifikatnya.

“Terhadap program PTSL ini saya telah meminta kepada seluruh jajaran Pemda Kab Tanggamus yang terkait khususnya para Camat, lurah kepala desa atau Pekon,Kadus dan para ketua RT se Kabupaten Tanggamus agar berperan aktif dalam mensukseskan program ini agar mengawal penyelenggaraan program ini sehingga masyarakat bisa memperoleh pelayanan yang sebaik-baiknya”. harapnya

Sertifikasi tanah menjadi sangat krusial, ketika kebutuhan tanah semakin meningkat harganya semakin mahal dan semakin banyak pihak yang berkepentingan. akibat yang muncul banyak spekulan tanah, mafia tanah, calo tanah dan pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari komodifikasi tanah. Hal inilah yang menjadikan sertifikasi tanah menjadi satu yang urgent untuk segera diselesaikan.

Program PTSL ini diharapkan akan memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah bagi masyarakat secara adil dan merata serta mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya masyarakat Kabupaten Tanggamus.

“Saya berharap sertifikat ini dapat digunakan oleh masyarakat, untuk keperluan yang bertujuan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.” tambahnya.

Kemudian Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan penerima sertipikat tanah untuk rakyat tersebut.

Turut Hadir dalam penyerahan sertifikat tanah yaitu, Letkol Inf Arman Aris Sallo Dandim 0424/Tanggamus, Rudi Prihantoro Kepala BPN Kab.Tanggamus, AKBP Oni Prasetya SIK Kapolres Tanggamus, Sukisno Asisten II, Perwakilan Kajari, Perwakilan DPRD Kabupaten Tanggamus. Perwakilan penerima Sertipikat tanah.(*/Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com