Tokoh Pergerakan AM Fatwa Meninggal Dunia

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Andi Mapetahang Fatwa atau yang akrab disapa AM Fatwa meninggal dunia pagi tadi. Rumah duka di Jalan Condet Pejaten, Kompleks Bappenas, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017) pukul 08.56 WIB. Warga di sekitar lokasi mulai berdatangan melayat ke rumah duka.

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan beberapa hari lalu AM Fatwa sudah dirawat di rumah sakit.

“Beliau sudah sakit beberapa hari yang lalu, jadi dirawat kembali ke rumah lagi, kemudian kemarin katanya masuk rumah sakit lagi. Dan pagi tadi dapat kabar Pak AM Fatwa meninggal,” tutur Dahnil ketika dihubungi, Kamis (14/12/2017).

Dia melihat AM Fatwa yang berani menentang rezim Orde Baru yang dikenal begitu mencengkram kebebasan dan aktivisme. AM Fatwa melawan rezim Soeharto dengan nilai Islam yang dipadukan semangat Pancasila.

“Pak AM Fatwa bisa jadi role model bagi aktivis Islam dan aktivis muda. Yang tepat seperti yang dibilang oleh HOS Cokroaminoto, jadi Pak Fatwa ini Islam yang Tauhidnya murni, akhlak tinggi, integritas tinggi. Tapi komitmen terhadap Islam luar biasa,” ungkapnya.

BIOGRAFI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com