TMMD Tidak Hanya Membangun Fisik, Juga Membangun Peradaban Tiga Kampung

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menggala (HS), Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Tahun Anggaran 2019 di wilayah Kodim 0426 Tulang Bawang telah memberikan warna baru bagi masyarakat di Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang awang, khususnya Kampung Bedarou Indah, Sungai Luar dan Kibang Pacing, Senin (15/07/2019).

Menurut Kapten Arif Afuan, warga masyarakat turut dilibatkan dalam program gotong royong dan telah merasakan langsung bagaimana nikmatnya bekerja gotong royong menyelesaikan sebuah pekerjaan. Menilai suatu bangunan tidak cukup selesai dan hasilnya bagus, tapi semua melalui proses, mereka merasakan bagaimana cara memulai pekerjaan yang diawali dengan jerih payah, pertama ada pembagian tugas, sebelum melaksanakan pekerjaan terlebih dulu apel dan pengecekan alat yang akan digunaka, ini dilakukan setiap pagi. .

Menurut Warman (50) warga Kampung Pacing, Kecamatan Menggala Timur, ternyata pengecekan dan pembagian tugas diawal pekerjaan sangat perlu, cara yang dilakukan prajurit TNI akan dipakai dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari warga membangun kampung..

“saya bersukur adanya TMMD banyak mendapatkan pelajaran yang berarti, seperti bagaimana mengawali suatu pekerjaan tentunya harus terlebih dulu membagi tugas, dan mengecek persiapan tenaga kerja dan alat-alat yang akan digunakan, ini dilakukan para pekerjanya bisa fokus dan terarah, “terimakasi TNI yang telah memberikan pelajaran,” ujar tokoh masyarakat itu. .

Komandan Kodim 0426 Tulang Bawang kepada hariansumatera.com menjelaskan bahwa program TMMD yang dikomandoi sejak 10 Juli lalu, TMMD bukan hanya fisik yang dibangun tapi peradaban masyarakat kampung juga ikut dibangun menjadi sasaran dalam program TMMD kali ini.

“Dalam perencanaan kami, kegiatan non fisik juga menjadi prioritas kami dalam program TMMD ini, hal ini dititik beratkan kepada pembangunan peradaban bagi masyarakat kampung yang disinergikan dengan program pemberdayaan masyarakat desa/kampung dan dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat kampung/kelurahan, di Kabupaten Tulang Bawang,” kata Letkol Kohir.

“Saya berharap selepas TMMD ini, peradaban masyarakat kampung menjadi lebih baik dan semakin semangat, tumbuh kembangkan jiwa gotong royong ditengah tengak masyarakat kita” harap Kohir. (Gun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com