Terkait Banjir Bandang, DPRD Tanggamus Angkat Bicara

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tanggamus Edi Yalismi bicara terkait banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang Kecamatan Semaka beberapa hari lalu. Menurut pandangan Komisi III yang diwakili Edi Yalismi, perlu adanya keseriusan menangani masalah bencana Semaka.

“Kami berharap kedepan perlu adanya rehabilitasi terhadap sungai-sungai kecil, dan kemarin kita pernah juga membicarakan dengan Dinas BPBD dan Dinas Sosial, ke depannya betul-betul dibangun, masalah anggaran kita anggota Dewan siap menganggarkan itu kembali”, ucapnya, Senin (13/01/2020).

Sekarang ini harus merekonstruksi titik-titik rawan bencana, misalkan sungai-sungainya. “Saya lihat parah sekali dan perlu dana besar untuk merehabilitasinya, maka kalau memang gak ada segera diajukan. Yang punya hak itukan Dinas BNPB untuk mengajukan ke Bupati supaya itu bisa diajukan kembali untuk rehab dan mengenai anggaran kita sangat setuju karena ini sifatnya urgen,” katanya.

Menurut anggota Komisi III dari Fraksi PKB ini, untuk mengantisipasi masalah bencana tahunan ini, perlu adanya pembenahan yang serius terutama pada bagian saluran air, agar tidak terjadi banjir bandang di tahun yang mendatang, lanjutnya.

“Terkait pembenahannya siring-siring Beton (Drainase), itukan kita gak tahu yang diatas itu bisa tersumbat, karena kayunya malang segala macam jadi airnya lari ke perkampungan nah itu yang harus terlebih dulu dibenahi kedepan Jadi kalau perlu pakai jembatan, jangan yang langsung coran”, ungkap Edi.

Selain itu, Edi Yalismi mengimbau masyarakat khususnya yang ada di wilayah Semaka yang berada di bawah lereng gunung agar menjaga hutan dengan cara tidak menebang pohon dihutan secara liar.

“Dengan adanya penanaman pohon sama-sama lah masyarakat hal ini sama-sama bergerak mengamankan hutan jangan sampai ada pemalakan atau penebangan pohon,” pungkasnya. (Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com