Tanggul Way Semaka Jebol, Seratusan Rumah Terendam Banjir

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Negeri Semuong (HS) – Akibat deras hujan selama 2 jam dan debit sungai Semaka meningkat, hingga menerjang Retaining wall/ Tanggul yang dibangun ditahun 2019 kemaren, jebol sepanjang 10 meter. Akibatnya 100 rumah yang berada di dua pekon yang berada di kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) yakni Semuong, Banding dan Rajabasa terendam banjir setinggi 60 cm, Sabtu (25/01/2020).

Warga masyarakat berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul yang jebol tersebut.

Dul Halim (60) salah satu warga pekon Banding kecamatan BNS, yang juga rumahnya tergenang oleh banjir, berharap pemerintah tanggap, dang segera memperbaiki tanggul yang jebol.

“Berharap agar segera diperbaiki, di beronjong atau dibeton permanen lah. Kalau begini ya selama-lamanya masyarakat disini beberapa pekon yang terdampak kayak begini” ungkapnya.

Sementara Edi Nugroho Kabid kedaruratan BPBD Kabupaten Tanggamus menjelaskan Banjir yang terjadi Di Bandar negeri semuong kemarin mulai dari jam lima sore.

“Debit air berkurang lebih 30 Cm itu menggenangi beberapa Rumah warga, dan rumah yang terdampak sekitar 100 rumah, dan tanggul yang jebol 10 meter. Dan untuk kerugian kami belum bisa katakan tapi kami saat ini masih melakukan assessment”, kata Edi pada Wartawan.

Dengan terjadinya bencana banjir yang menggenang dua pekon yang ada di kecamatan BNS BPBD Kabupaten Tanggamus akan menurunkan eksavator guna menutup tanggul yang jebol

” jam tiga sore nanti kami akan mendatangkan alat berat, untuk standby disini, jika air sudah surut maka kami akan melakukan pembendungan tempat yang jebol”, ucapnya

Kepada masyarakat jika debit air yang sudah melebihi permukaan Tanggul, kiranya masyarakat harus waspada, dan mengikuti intruksi yang kami himbau di lapangan, tutup Edy. (Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com