Tambang Batu di Desa Sekipi Abung Tinggi Wajib Dihentikan

Bagikan
  • 312
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Kerusakan alam yang ditimbulkan akibat aktivitas penambangan batu di bibir badan Sungai Abung Desa Sekipi Kecamatan Abung Tinggi (ralat), Kabupaten Lampung Utara di tengarai berbagai pihak dapat menimbulkan dampak negatif bagi kelestarian makam bersejarah Minak Trio Deso.

Seperti diungkapkan, Andrio Sangun, eksploitasi penambangan batu dimaksud sepatutnya dihentikan.
“Kerusakan lingkungan di lokasi penambangan sudah sedemikian parah dan kemungkinan berdampak pada area situs/makam. Idealnya, pemilik tambang batu yang saat ini melakukan reklamasi dapat memberikan solusi agar tidak mengakibatkan bencana alam yang lebih fatal,” ungkap Andrio Sangun, salah seorang anak buay keturunan leluhur Minak Trio Deso, saat diwawancarai, Rabu, (22/11), di kediamannya.

Dikatakannya kondisi badan Sungai Abung yang berdekatan dengan makam leluhurnya itu saat ini termasuk daerah dengan katagori rawan longsor, “Saya sudah melihat secara langsung keadaan di seputar wilayah penambangan itu. Keadaannya sudah tidak dapat ditoleransi. Kita harus bijak dalam hal memanfaatkan sumber daya alam. Areal penambangan itu sebaiknya dialihfungsikan saja, misalnya dijadikan rujukan destinasi wisata air juga wisata religi,” ujar Andrio Sangun.

Lebih lanjut dikatakannya, di sekitar wilayah penambangan itu sangat berpotensi untuk dijadikan areal wisata, mengingat selain kondisi arus sungai yang ideal bagi penghobi olahraga air arung jeram juga terdapat makam Minak Trio Deso serta situs permukiman masyarakat purba yang termasuk dalam cagar budaya.

“Selain untuk menjaga kelestarian alam, hal yang saya ungkapkan tadi tentunya dapat mencegah potensi bencana alam yang sudah di depan mata,” paparnya. (Efri)

Satu tanggapan untuk “Tambang Batu di Desa Sekipi Abung Tinggi Wajib Dihentikan

  • Jumat 24 November 2017 pada 22:33
    Permalink

    asli temen ino. sai paling penting gham jago makam leluhur gham.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com