Sumbangan Perpisahan, Kepsek SD 1 Negeri Batin Ancam Tahan Rapor

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Way Kanan (HS) – Oknum Kepala Sekolah di daerah Way Kanan melakukan pungutan sebesar Rp100.000, terhadap murid dan wali murid, dengan dalih untuk biaya perpisahan.

Kepala Sekolah SD Negeri 01 Kampung Negeri Batin, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, mengancam siswanya jika tidak membayar uang sumbangan sebesar Rp100.000.

Kepala sekolah tersebut Akan menahan SKHU/ ijasah kelulusan siswa, jika tidak membayar.

Sumber informasi didapat dari beberapa wali murid yang enggan disebutkan namanya saat dikunjungi di kediaman mereka, Minggu (4/3/2018.)

Mengeluhkan sumbangan, mereka sangat tidak setuju sumbangan tersebut apalagi harus dipatok dengan nominal yang mereka rasa sangat tinggi dan terkesan memaksa.

“Iya betul sekali saya sebagai wali murid tidak setuju dengan sumbangan sebanyak itu, setahu saya kalau sumbangan ya tidak sebanyak itu atau meskipun ada sumbangan masih dalam hal yang sewajarnya atau seikhlasnya. jangan memberatkan kami sebagai wali murid. Ya kalau kami ada, bagi kami yang penghasilannya pas-pasan ini yang membuat sangat keberatan.”

Memang waktu itu, masih kata wali murid, seluruh wali murid disuruh kumpul di sekolahan ada rapat mengenai kelulusan anak kami, di dalam rapat tersebut pihak sekolah meminta sumbangan sebanyak seratus ribu per murid dengan alasan buat biaya dan acara kelulusan sekolah.

Pada saat rapat itu memang sebagian wali murid menyetujui sumbangan tersebut, tapi banyak juga yang tidak setuju karena keberatan dengan jumlah sumbangan, dan diberi tempo sampai bulan April 2018.

“Pihak¬† sekolah langsung menjawab iya, kalau ada yang tidak mau membayar uang seratus ribu terpaksa rapor/ijasah anaknya kami tahan kata kepala sekolah nya,” ujar dia menirukan.

Wali murid heran, tidak ada sumbangan-sumbangan seperti ini dengan kepala sekolah sebelumnya. (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com