Sosialisasi dan Coaching Clinic Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/Kota Sumbagsel

Bagikan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Jambi – Kementerian Agraria dan Tata Ruang melalui Direktorat Pembinaan Perencanaan Tata Ruang dan Pemanfaatan Ruang Daerah, menggelar Bimbingan Teknis ( Bimtek) Penyusunan Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten/Kota Wilayah Sumatera Bagian Selatan, bertempat di Abadi Suite Kota Jambi, di mulai Rabu 23 Mei sampai Jumat 25 Mei 2018.

Acara di buka oleh Kasubdit Pembinaan Wilayah I Sumatera  Yusni Pranawani, dengan  Peserta  9 Kabupaten/Kota Provinsi Jambi, dan 5 kabupaten/ kota Provinsi Lampung yaitu Kota Bandar Lampung, Metro, Tanggamus, Lampung Timur dan Tulang bawang Barat.

Dalam Acara Pembukaan disampaikan materi Sosialisasi Peraturan Kementerian Agraria dan Tata Ruang / BPN no 8 tahun 2017 tentang Persetujuan Subtansi Rencana Tata Ruang Kab/kota. Materi kedua Sosialisasi Permen PU no 20 tahun 2011 Tentang Penyusunan RDTR dan Peraturan Zonasi.

Hari kedua kegiatan 14 kabupaten/kota yang dibagi 2 Desk yang dipandu langsung kasubdit Pembinaan Wilayah I Sumatera Yusni Pranawati dengan dibantu Disa Dwi Rioputra dan Tim. Dalam coaching clinic kegiatan, masing2 kabupaten/kota menampilkan 1 kecamatan RDTR yang bantu dan dipandu Tim Subdit Wilayah I Sumatera dengan mempertimbangkan tingkat kerumitan dan progres Tata Ruang dan mendorong Kabupaten/kota untuk dapat membuat Perda RDTR kecamatan.

Dalam sesi  Coaching Clinic Kabupaten Tanggamus yang  di sampaikan oleh Kepala Bappeda Hendra Wijaya Mega menampilkan RDTR kecamatan Gisting dengan mempertimbangankan kepadatan penduduk, perubahan kawasan dari Pertanian menjadi Kawasan Permukiman dan RDTR Kecamatan Limau Sebagai Kawasan Strategis Industri Maritim.

Bimbingan teknis yang diberikan Subdit wilayah I Sumatera Disa Dwi Rioputra sangat bermanfaat bagi kami dalam penyusunan dan penyempurnaan RDTR kecamatan khususnya adanya aturan baru Permen ATR no 1 tahun 2018 tentang Penyusunan Peninjauan Kembali,  ujar Hendra. (Sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com