Soal Sekretaris Panwaslu, PWI Lampura akan Bersikap

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Ketua PWI Cabang Kotabumi, Lampung Utara, menyayangkan tindakan Sekretaris Panwaslu Lampura yang diduga menghalang-halangi tugas wartawan melakukan peliputan serta kesan bicaranya kurang bersahabat. Kamis (22/02/18)

Ketua cabang PWI Lampura, Jimi Irawan mengatakan sudah mendapatkan laporan dari Anto Puji, wartawan TV, terkait insiden yang terjadi antara rekan wartawan dan Sekretaris Panwaslu setempat. Dengan adanya laporan tersebut, Ketua PWI Lampura akan menyurati atau konfirmasi dengan Indra Darmawan selaku Sekretaris Panwaslu atas perkataan yg menjadi konflik kemarin apakah ada unsur pelanggaran kode etik jurnalisnya atau tidak

“Saya sudah dapat laporan tentang masalah itu, akan kita konfirmasi apakah pelanggaran kawan kawan media atau sebaliknya,” ijar Jimi.

Lebih lanjut Jimi menjelaskan, apabila tindakan yang dilakukan oleh Sekretaris Panwaslu Indra Darmawan, memang benar menghalangi tugas wartawan adalah tindakan yang melanggar undang-undang pers dan tidak dapat dibenarkan.

”Kami sangat menyayangkan terhadap sikap yang ditunjukkan oleh Sekretaris panwas (Indra. red) itu. Sekarang ini, sudah memasuki zaman keterbukaan dan tidak boleh ada yang ditutup-tutupi. Apalagi, sampai menghalang-halangi tugas wartawan yang dilindungi oleh undang-undang,” tegas Jimi.

Menurut Jimi tindakan menghalangi wartawan menjalankan tugasnya sudah masuk ranah hukum sehingga, sikap tersebut memiliki efek hukum.

”Sesuai dengan pasal 18, ayat 1, UU 40 1999 tentang Pers, bahwa setiap orang yang menghalang-halangi atau dengan sengaja melarang maka ancaman hukuman 2 tahun penjara dan denda 500 juta,” pungkasnya.(Efri)

/IMG-20210331-WA0003_copy_640x513.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com