Soal APK, Panwaslu Lampura: Belum Penetapan, Tidak Bisa Ditindak

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) -Peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Lampung Utara sudah mencuri start kampanye, kendati aksi penggalangan dukungan secara terbuka baru dimulai bulan Februari 2018.

Jauh hari sebelum masa kampanye dimulai, billboard Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan calon (Paslon) yang terpantau sebanyak dua titik di jalur protokol Kabupaten Lampung Utara, pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwslu) kabupaten setempat mengatakan akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Ketua Panwaslu Lampura, Zainal Bachtiar, mengatakan saat ini seluruh kontestan Pilkada Lampura belumlah ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Saat ini kan seluruh kontestan belum ditetapkan sebagai pasangan calon. Jadi, mereka itu (balonkada) belum tentu menjadi calon peserta yang akan mengikuti Pilkada Lampura,” ujar Zainal, Kamis, (18/01/2018), via ponsel.

Dijelaskannya, pada saat bakal calon kontestan Pilkada Lampura ditetapkan sebagai calon, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah

“Setelah agenda tahapan penetapan dilaksanakan, maka kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Lalu, pemerintah daerah akan mendelegasikan tugas dalam hal ini Satpol-PP untuk menertibkan seluruh APK yang ada,” ungkapnya.

Dalam hal adanya dugaan pelanggaran kampanye, Zainal menyampaikan hal tersebut belumlah dapat diambil langkah penindakan.

“Kita tunggu tahapan penetapan calon pada 12 Februari nanti ya,” Kilahnya.(efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com