Sidang Paripurna DPRD Tanggamus KUA PPAS APBD Tahun 2019

Bagikan
  • 21
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotaagung (HS),- Bupati  Dewi Handajani mengikuti Sidang paripurna DPRD Tanggamus Penyampaian Rancangan KUA PPAS APBD  tahun 2018, bertempat  bertempat di ruang sidang DPRD Tanggamus, Senin (15/10/2018).

Dalam sambutannya Bupati Dewi Handayani memeparkan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanggamus Tahun 2019. RKPD tersebut telah digariskan, bahwa tema pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2019 adalah “Pemerataan Pembangunan Infrastruktur, Pelayanan Publik yang Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul serta Pembangunan Pariwisata untuk Pertumbuhan yang Berkualitas” kata Dewi,

Berdasarkan tema diatas, maka prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2019 yaitu :

1) Pengurangan Kesenjangan Antar Wilayah Melalui Penguatan Daya Dukung Infrastruktur dan Konektivitas.

2) Pembangunan Manusia Melalui Pengurangan Kemiskinan dan Perluasan Kesempatan Kerja.

3) Pengembangan Pariwisata Melalui Promosi dan Investasi.

4) Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi Melalui Pengembangan Pertanian, Jasa Produktif serta Ketahanan Pangan danEnergi.

5) Penguatan Tata Kelola Pemerintahan dan Stabilitas Kamtibnas.

Disamping itu penyusunan program dan kegiatan tahun 2019 juga diarahkan untuk mewujudkan Visi Kabupaten Tanggamus yaitu Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera yang dilaksanakan melalui program inovatif seperti Program Pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), Program Pesona Wisata RATU, serta penjaringan aspirasi masyarakat melalui Program BUDE SAR’I (Bunda Dewi Serap Aspirasi dan Informasi).

/bappeda-Tgm-layanan1.jpg

Rancangan KUA dan PPAS Tahun 2019 dengan ringkasan sebagai berikut :
1) Pendapatan Daerah Kabupaten Tanggamus pada tahun 2019 diproyeksikan sebesar Rp. 1,726 Trilyun, terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesarRp. 89,080 Milyar, Dana Perimbangan sebesar Rp. 1,148 Trilyun,  Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar Rp.488,390 Milyar Rupiah.

2) Belanja Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2019 diproyeksikan sebesar Rp. 1,723 Trilyun, terdiri dari Belanja Tindak Langsung sebesar Rp. 1,041 Trilyun,  dan Belanja Langsung Rp. 682,124 Milyar, disamping itu juga dialokasikan untuk pemenuhan kewajiban 10 % ketentuan tentang pengalokasian dana desa.

3) Pembiayaan Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2019  sebesar Rp 2,6 Milyar, untuk Penyertaan Modal (Investasi) Pemerintah Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Tanggamus sebesar 1,2 Milyar Rupiah, PT. Aneka Usaha Tanggamus Jaya sebesar 400 Juta Rupiah dan PT. Bank Lampung sebesar 1 Milyar Rupiah.

Mengakhiri sambutan, kepada segenap komponen untuk menatap kedepan, bersama-sama membangun hari esok yang lebih baik. Pungkas Dewi.(Sul)

 

 

hs-krs-22.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com