Serap Dana Desa, Warga Sinarjaya Gotong Royong Bangun Jembatan

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Prioritas pembangunan infrastruktur desa dititiktekankan melalui penyerapan anggaran melalui Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD), sebagai suatu stimulan dalam hal pemberdayaan masyarakat desa. Dengan adanya sistem pembangunan infrastruktur secara bottom up diharapkan mampu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat serta berdampak positif bagi pendapatan asli desa (PADesa).

Hal ini disampaikan Abas Zen, Kepala Desa Sinarjaya Kecamatan Tanjungraja Kabupaten Lampung Utara, disela kegiatan pembangunan jembatan penghubung Dusun II dan Dusun III, pada Jum’at, (24/11). Pembangunan jembatan dimaksud dilakukan dengan bergotong-royong yang bersumber dari DD tahun anggaran 2017.


“Pada tahun 2017 ini, Desa Sinarjaya mendapatkan serapan anggaran mencapai 1,2 miliar rupiah. Penyerapan anggaran itu bersumber dari DD, ADD serta bantuan lainnya. Dalam hal pengelolaannya, pamong desa mengoptimalkan partisipasi aktif seluruh warga,” ujar Kades Sinarjaya, Abas Zen, kepada awak media, Jum’at, (24/11), di lokasi.

Dikatakannya, pembangunan infrastuktur Desa Sinarjaya yang telah selesai dilaksanakan berupa pekerjaan drainase sepanjang 1375 meter.


“Selain itu, Desa Sinarjaya juga telah menyelesaikan pembuatan tiang lampu jalan sebanyak 150 tiang, dalam waktu dekat akan terpasang di rumah warga,” jelas Abas Zein seraya menambahkan saat ini (24/11), warga desa beserta jajaran perangkat desa sedang melakukan pembuatan jembatan penghubung antar-dusun.

Sementara itu, Koordinator Lapangan, Irul, menyampaikan bahwa jembatan penghubung antar-dusun itu akan dibuat secara permanen.

“Untuk pembuatan jembatan ini diperkirakan akan selesai dalam waktu 14 hari kalender. Pekerjanya melibatkan warga dari Dusun II dan Dusun III,” papar Irul, (24/11), di lokasi kegiatan. (efry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com