Senegal Lolos ke Perempatfinal Setelah Kalahkan Zimbabwe

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Franceville – Senegal menjadi tim pertama yang lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2017. Senegal dipastikan lolos setelah menundukkan Zimbabwe dengan skor 2-0.

Pada pertandingan di Stade de Franceville, Franceville, Jumat (20/1/2017) dinihari WIB, Senegal menang berkat gol-gol Sadio Mane dan Henri Saivet. Dua gol tersebut tercipta pada menit-menit awal babak pertama.

Mane membuka skor saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Pemain Liverpool itu berlari di tiang jauh dan sukses menuntaskan bola kiriman Keita Balde Diao menjadi gol.

Berselang empat menit, Saivet memperbesar keunggulan Senegal. Tendangan bebas melengkungnya tak bisa dijangkau oleh penjaga gawang Zimbabwe, Tatenda Mkuruva.

Berkat kemenangan ini, Senegal kini memuncaki klasemen Grup B dengan perolehan enam poin dari dua laga dan dipastikan melaju ke perempatfinal. Sementara Zimbabwe berada di posisi terbawah dengan poin satu.

Pada pertandingan sebelumnya, Tunisia membuka peluang untuk lolos. Pada pertandingan kedua, mereka mengalahkan tetangganya di Afrika Utara, Aljazair, dengan skor 2-1.

Tunisia unggul 1-0 berkat gol bunuh diri Aissa Mandi pada menit ke-50. Mandi bermaksud mengadang umpan silang dari Youssef Msakni, tapi bola yang mengenai kakinya justru berbelok masuk gawang sendiri.

Tunisia mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-66 setelah Faouzi Ghoulam menjatuhkan Wahbi Khazri yang punya peluang mencetak gol. Naim Sliti maju sebagai eksekutor dan sukses memperdaya kiper Aljazair, Malik Asselah.

Aljazair cuma bisa membalas sekali melalui gol Sofiane Hanni di injury time. Tembakan keras Hanni meneruskan umpan silang Adlene Guedioura menipiskan kekalahan timnya.

Aljazair, yang sebenarnya jadi salah satu favorit juara, kini berada dalam situasi sulit. Mereka sekarang menempati posisi ketiga di klasemen Grup B dengan satu poin, di bawah Tunisia yang punya tiga poin.detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com