Salah Tangkap, Jurnalis Way Kanan Gelar Solidaritas

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Way Kanan (HS)– Puluhan insan pers dari media cetak maupun elektronik melakukan aksi solidaritas atas insiden salah tangkap wartawan Trans Lampung Yudi Indrawan saat meliput aksi pengrusakan Mapolsek Tegineneng, Jumat 17 Maret 2017.

Aksi tersebut dilakukan Senin 20 Maret 2017 di Gedung DPRD Way Kanan, bertepatan Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka HUT ke-53 Propinsi Lampung, dengan cara membagikan selebaran UU Pokok Pers NO 40 Kepada Bupati Way Kanan, Dandim 0427, Kapolres, Anggota DPRD, dan peserta rapat paripurna.

Menurut CEO Radar Lampung Way Kanan Hermansyah, aksi tersebut selain merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas, juga merupakan dukungan moril kepada korban Yudi Indrawan.

“Kami sangat menyayangkan peristiwa bisa terjadi, harmonisasi yang selama ini terjalin antara insan pers dan Polri akhirnya terciderai. Toh selama ini dalam menjalankan profesinya keduanya saling menghargai,” terang Hermansyah yang juga wartawan Radar Lampung.

Serupa juga dikatakan Ketua Kelompok Kerja Wartawan (Pokjawan) Pers Comunity Dedi Tarnando. Namun dia menambahkan, setiap wartawan yang melakukan tugas jurnalistik tentu telah dibekali dengan sarana dan prasarana serta pengetahuan yang cukup. Sehingga tidak ada alasan bagi pihak manapun untuk melakukan pelarangan terhadap kegiatan jurnalistiknya.

“Makanya kita melakukan aksi ini, salah satunya memberikan edukasi dan pemahaman kepada semua pihak atas tugas-tugas jurnalistik yang dilakukan wartawan. Selaras dengan Undang-undang Pokok Pers No.40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik, selain itu aksi ini juga dilakukan sebagai pembelajaran bagi para pihak untuk sama sama memahami tugas dan fungsi jurnalistik,” terangnya.

Terpisah Kapolres Way Kanan AKBP Yudi Chandra Erliyanto usai menghadiri paripurna mengapresiasi aksi solidaritas yang dilakukan insan pers Way Kanan.

Menurut dia hubungan antara pihak Polres dengan wartawan di Way Kanan saat ini sangat kondusif dan sama saling memahami tupoksi masing- masing.

“Beberapa kegiatan yang kita laksanakan dalam rangkaian HUT ke-71 Bhayangkara bahkan menyertakan wartawan sebagai panitianya diantaranya bhakti sosial penyaluran pakaian layak pakai dan kegiatan lainnya,” terang AKBP Yudi. (hrc)

hs-krs-22.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com