Rakyat Beberapa Negara Protes Pelantikan Donald Trump

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Washington DC – Pelantikan Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) diwarnai aksi protes. Tak hanya di Washington DC, AS, protes massa tersebut juga dilakukan di beberapa negara.

Dilansir dari Reuters, Jumat (20/1/2017), beberapa ratus orang yang didominasi ekspatriat Amerika menggelar aksi protes pelantikan Trump di Tokyo, Jepang. Beberapa orang membawa lilin elektrik dan yang lainnya membawa poster bertuliskan “Love Trumps Hate” dan “Women’s Rights Are Human Rights”. Mereka melakukan longmarch sepanjang jalan menuju pusat kota.

“Kepresidenan Trump menaikkan darahku.. apa yang kita nilai berharga bisa hilang. Sekarang adalah waktunya untuk menyuarakan pikiran dan perhatianmu demi kebaikan nilai yang kita junjung di Amerika,” ujar guru seni, Bill Scholer, di lokasi itu.

“Aku tumbuh di tahun 1960, dan aku merasa kita akan mundur, sekarang aku cemas jika kita akan kehilangan seluruh perkembangan yang telah kita raih selama beberapa tahun ini,” ujar Holly Thompson yang berprofesi sebagai seorang penulis itu.

Aktivis perempuan berencana mengadakan protes di berbagai kota di Asia pada Sabtu (21/1). Di Filipina aksi protes diikuti oleh 200 demonstran di depan kedutaan Amerika Serikat di Manila.

Beberapa orang membawa papan meminta tentara AS meninggalkan Filipina sementara yang lain membakar bendera kertas AS dengan wajah Trump.

Warga AS yang tinggal di Filipina yaitu Omar Tiwana, Tim Ortiz, dan Donald Goertzen menyalakan lilin dan membawa poster memprotes pelantikan Trump. Mereka menggelar protes di luar pemakaman Amerika di kota Taguig.

Sementara itu aksi protes di AS digelar di beberapa tempat seperti di luar Hotel Internasional Trump dan Menara di Columbus Circle, Manhattan, New York. Di tempat lain massa melakukan long march di sepanjang rute parade pelantikan Trump di luar Hotel Internasional Trump di Pennsylvania Avenue di Washington. detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com