Praktisi Hukum Bicara Dugaan Mark Up Anggaran Sekretariat DPRD Lampura

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Terkait pemberitaan Media Online Hariansumatera.com atas dugaan Mark Up anggaran belanja disekretariatan DPRD Lampung Utara Ta. 2021, Praktisi Hukum LBH Menang Jagat, Karjuli Ali. SH. angkat bicara.

Menurut Karjuli, ketika diminta tanggapannya melalui sambungan telepon (01/07) Kamis yang lalu mengatakan, bahwa sebenarnya penyusunan anggaran itu sebelumnya telah disah kan oleh DPRD, jadi dalam pelaksanaan itu harus ada rasionalisasi atau disesuaikan. Selasa (06/07/21).

jika anggaran belanja yang diduga terjadi adanya mark up maka nantinya pasti akan di audit oleh auditor BPKP. Jika benar terjadi ada kelebihan anggaran yang tidak sesuai seharusnya dari awal pihak DPRD yang mengesahkan memerintahkan untuk mengembalikan.

“Kalau benar adanya dugaan Mark Up maka mereka harus mengembalikan atau lakukan perubahan, bila nanti tidak memulangkan akan masuk ke ranah aparat penegak hukum (APH). Disitu lah akan kita ketahui siapa sih yang berperan dan siapa yang bermain” Terang Karjuli.

/iklan-bpkad-lu.jpg

Yang pastinya lanjut Karjuli, anggaran itu kan masuk dalam Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tidak semua anggaran itu habis terpakai, kalau pun jika habis terpakai itu nantinya akan di audit oleh BPKP.

“Kita pengen nya untuk sekertariatan DPRD, sudah lah jangan lagi lah bermain main di Anggaran, karena kita tau tidak ada lagi celah untuk bermain karena jamannya saat ini e’budgeting, jadi jangan sampai terulang kembali penemuan BPK jilid dua”Tuturnya.

Lebih lanjut Karjuli memaparkan, seyogyanya dalam hal pemantauan atas penggunaan anggaran itu dilakukan oleh pihak DPRD itu sendiri, karena dprd adalah lembaga Legislatif tugasnya mengontrol kebijakan pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah (Eksekutif).

“Yang berhak memantau anggaran belanja sekertariatan itu ya pihak DPRD itu sendiri, karena mereka lah yang mengesahkan dalam rapat anggaran, tapi ya jeruk makan jeruk sih,” tukas Karjuli Ali.(Efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com