PPK di Tanggamus, 480 Orang Mendaftar

Bagikan
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) dan pemilihan gubernur (pilgub) di Tanggamus berakhir. Sedikitnya 480 orang mendaftar.

Menurut anggota KPU Tanggamus Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Antoniyus, pendaftaran PPK dibuka sejak 16 Oktober dan tutup 19 Oktober. Selama itu ada 480 pendaftar yang berasal dari 20 kecamatan. “Pendaftaran sudah ditutup dan jumlah pendaftaran sudah sesuai target. Sebab targetnya tiap kecamatan ada 10-20 pendaftar,” ujarnya, Kamis (19/10).

Rincian para pendaftar dari Kecamatan Air Naningan 18 pendaftar, Bandar Negeri Semong 20 orang, Bulok 24, Cukuh Balak 22, Gisting 13, Gunung Alip 17, Kelumbayan 13, Kelumbayan Barat 11, Limau 23, Kota Agung 50, Kota Agung Barat 47, Kota Agung Timur 39, lalu Pematang Sawa 12, Pugung 28, Pulau Panggung 21, Semaka 31, Sumber Rejo 14, Talang Padang 28, Ulu Belu 19 dan Wonosobo 27 pendaftar.

“Tingginya pendaftar dimungkinkan karena tahun ini usia minimal 17 tahun, berbeda dari pelaksanaan sebelumnya yang usia minimal 25 tahun, sesuai UU No 7 tahun 2017. Maka tahun ini peluang terbukanya pendaftar semakin luas,” ujar Antoniyus.

Dalam rekrutment ini yang paling banyak pendaftarnya di Kecamatan Kota Agung. Kemungkinan karena lokasi dan animo masyarakat yang tinggi dibanding kecamatan lain. Kemudian faktor akses informasi juga lebih mudah. Namun pada akhirnya nanti setiap kecamatan hanya akan ada lima anggota PPK. Sehingga kecamatan dengan pendaftar terbanyak tentunya tertinggi juga persaingannya.

Setelah pendaftaran ditutup, maka tahapan selanjutnya adalah penelitian berkas. Berkas yang diteliti yakni ijazah, KTP atau surat keterangan, lalu surat pernyataan bebas pengurus partai politik selama lima tahun terakhir, surat belum pernah jadi PPK untuk dua periode berturut-turut, surat pernyataan belum pernah dihukum dengan ancaman sampai lima tahun, surat bebas narkoba.

Seleksi berkas akan dilaksanakan dari 20-21 Oktober. Lalu pengumuman yang lolos seleksi berkas pada 22 Oktober. Kemudian tahapan berlanjut untuk tes tertulis pada 23 Oktober di Hotel VIP Gisting, dan wawancara.

“Sejak tanggal 22-27 Oktober kami juga buka tanggapan masyarakat. Sehingga masyarakat bisa memberikan laporan jika ada pendaftar PPK tidak memenuhi persyaratan, seperti ternyata pernah jadi pengurus partai politik, pernah dihukum dan lainnya. Itu nanti jadi bahan pertimbangan kami,” terang Antoniyus.

Ia mengaku, dalam seleksi PPK akan bersikap objektif, semua pendaftar berpeluang. Tidak ada perioritas pendaftar PPK yang pernah jadi PPK akan lolos. Semua akan ditentukan dari hasil seleksi. Dan nantinya KPU akan menentukan sepuluh pendaftar dengan poin tertinggi dari tiap kecamatan. Selanjutnya akan dipilih lagi jadi lima orang.

KPU Tanggamus juga memperhatikan kelibatan perempuan. Namun belum tentu harus ada perempuan sebab itu disesuaikan dengan hasil tes. Jika poin yang diperoleh tidak mencukupi tentu tidak bisa dipaksakan harus ada perempuan. Kemudian dalam seleksi PPK ini juga gratis, tidak ada pungutan apapun. (sis)

Satu tanggapan untuk “PPK di Tanggamus, 480 Orang Mendaftar

  • Minggu 22 Oktober 2017 pada 17:54
    Permalink

    nama calon ppk harap di umumkan di web site kpu tanggamus biar masyarakat tau

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com