Polres Pesawaran Mengadakan Seleksi Polisi Cilik

Bagikan

Pesawaran (HS) – Polres Pesawaran Polda Lampung mengadakan seleksi Polisi Cilik (Pocil) Polres Pesawaran di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran, Kamis (21/07/2022).

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.Ik., M.Si (Han) di dampingi Kasat Lantas Polres Pesawaran AKP Martoyo S.I.P., M.H., Korwil Cam Gedong Tataan Ibu Solehah serta Pendamping Seluruh peserta seleksi dan Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) seluruh Kecamatan Gedong Tataan yang berjumlah 260 Siswa terdiri dari Siswa Laki-laki 100 Murid dan Siswa Perempuan 160 Murid.

Kapolres Pesawaran mengatakan, seleksi Pocil ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan mengenai lalu lintas kepada Anak-anak, juga agar para Pocil mampu menjadi siswa yang disiplin, tertib serta bermanfaat untuk pembentukan karakter siswa sejak usia dini, sesuai dengan tema Mendidik Revolusi Mental Sejak Usia Dini.

“Selain memperkenalkan kepada Anak-anak tentang tugas-tugas Kepolisian juga menghilangkan stigma bahwa Polisi itu menakutkan, “Jadi stigma menakutkan terhadap Polisi ini nantinya tidak ada lagi,” kata Kapolres, Jum’at (22/07/22).

Dari pihak Polres Pesawaran juga akan memberikan kesempatan kepada Adik-adik untuk Berkreasi, Berinovasi, dan Menampilkan yang terbaik dalam rekrutan Pocil.

“Diharapkan kedepannya kepada Adik-adik Pocil dapat menciptakan generasi-generasi emas di masa mendatang dan bisa menjadi duta penyebarluasan pendidikan lalu lintas kepada teman-temannya disekolah juga masyarakat lainnya, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran berlalu lintas semenjak dini dan merekapun akan kita tampilkan dalam rangkaian kegiatan Polres Pesawaran,” terangnya.

Untuk diketahui, jumlah pendaftar Pocil tahun ini sebanyak 260 Orang anak, namun akan disaring kembali menjadi 31 anak saja yang nantinya akan menjadi satu pleton, kemudian dengan kegiatan LKBB (Latihan Ketrampilan Baris Berbaris) mereka akan dilatih kekompakan dalam baris-berbaris, mereka juga akan dibekali materi tentang tertib berlalu lintas.

“Pocil ini nantinya akan dipersiapkan untuk kegiatan utama di Bulan September mendatang dalam rangka menyambut HUT Satlantas, selain itu juga ditampilkan di hari-hari besar seperti 1 Juli (Hari Bhayangkara) dan 17 Agustus (Hari Kemerdekaan Indonesia),” tambahnya.(Rls/Eka)

https://www.hariansumatera.com