Pemprov Lampung Usulkan Penambahan Tenaga Kesehatan Untuk Menanggulangi Pasien Covid-19

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Lampung (HS) – Pemerintah Provinsi Lampung mengusulkan penambahan ruangan dan 50 tenaga kesehatan di sebagai upaya menanggulangi bertambahnya pasien COVID-19. 

“Kemarin kami sempat berdiskusi dengan rumah sakit dan ada informasi kalau kasus meningkat. Oleh karena itu, kita mengambil langkah untuk menambah ruangan dan tenaga kesehatan,” ujar Sekdaprov Fahrizal Darminto, Sabtu (14/11/2020).

Sekretaris daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, bahwa penambahan ruangan isolasi akan dilakukan di sejumlah rumah sakit, sedangkan penambahan tenaga kesehatan diperuntukkan bagi Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek dengan jumlah usulan sebanyak 50 tenaga kesehatan. 

“Kita usulkan 50 orang tenaga baru sebab kita butuh tenaga kesehatan terutama paling banyak dibutuhkan ialah tenaga perawat, namun kita akan terus pantau untuk jumlah yang dibutuhkan” ucapnya. 

Ia menjelaskan usulan tenaga kesehatan baru tersebut diperuntukkan untuk pegawai yang memiliki kapabilitas, keterampilan di bidang kesehatan dan komitmen untuk merawat pasien COVID-19. 

“Dalam situasi seperti ini pelayanan rumah sakit tidak boleh menurun, dan kita upayakan untuk menambah tempat tidur, peralatan medis dan tenaga kesehatan untuk menangani adanya penambahan kasus,” ujarnya lagi. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung jumlah tenaga kesehatan yang terdapat di Rumah Sakit Abdul Moeloek sebagai rumah sakit rujukan utama bagi pasien COVID-19 yakni dokter umum 50 orang, dan spesialis penyakit dalam 9 orang. 

Spesialis anak 5 orang, spesialis radiologi 4 orang, spesialis paru 4 orang, patologi klinik 3 orang, tenaga keperawatan 545 orang, analisa kesehatan 39 orang, radiografer 18 orang, kesling 4, tenaga pemulasaran jenazah  5 orang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com