Pemkab Tanggamus Lakukan Persiapan Kunjungan Kementerian Pertanian Terkait I-CARE

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Rapat Persiapan Kunjungan Tim Kementerian Pertanian Republik Indonesia terkait Program Integrated Corporation of Agricultural Research, Development and Empowerment (I-CARE) yang berlangsung di Ruang Rapat Bappelitbang, Kamis (3/06/2/21).

Rapat Program Integrated Corporation of Agricultural Research, Development and Empowerment (I-CARE) atau Korporasi Penelitian, Pengembangan dan Pemberdayaan Pertanian Terpadu (KP4T) ini dihadiri oleh Asisten Bidang ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Pertanian Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sekretaris Bappelitbang dan beberapa stake holder terkait.

Program ini diusung Kementerian Pertanian dengan pelaksana Badan Litbang Pertanian dan akan ditindaklanjuti oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Lampung.

Dalam persiapan kunjungan ini ada beberapa hal yang dibahas tentang komoditas utama yang akan dikembangkan di Kabupaten Tanggamus. Komoditas tersebut yakni Kopi dan Kambing. “Rencananya korporasi Kopi dan Kambing ini seluas 1000 ha secara bertahap hingga 5 tahun ke depan. Pada tanggal 8 Juni 2021 Tim dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia akan datang ke Lampung dan pada tanggal 9 Juni Tim akan Survey Langsung dilokasi beserta Gubernur Lampung yang akan diterima langsung oleh Bupati Tanggamus dan yang akan menjadi lokus tujuan kunjungan di Kabupaten Tanggamus Tanggamus ada 3 kecamatan yakni Kecamatan Ulu Belu, Air Naningan dan Pulau Panggung.

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Sukisno, SKM, M.Kes mengatakan “Program I-CARE akan berlangsung di 9 wilayah yang mewakili 9 Provinsi, salah satu yang terpilih dari 33 Provinsi di Indonesia yakni Provinsi Lampung dan lokasi ditetapkan di Kabupaten Tanggamus. Program ini diharapkan tak hanya memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan Bangsa, tetapi juga meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para petani dan peternak” Ujarnya

Dalam kesempatan ini juga Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus yang di Wakili oleh Sekretaris Bastanta Sebayang, SP, MM mengatakan “terkait program I-CARE dan kunjungan Kementan ini siap mendukung dan memfasilitasi untuk persiapan kegiatan yang akan berlangsung di Kabupaten Tanggamus bersama OPD terkait karena akan membawa dampak yang signifikan terhadap pengembangan komoditi baik di sektor Perkebunan dan Peternakan”

Program I-Care ini bertujuan untuk mengembangkan potensi pertanian yang dimiliki Tanggamus seperti Kopi Robusta, Kambing Saburai dan komoditi tanaman pangan lainnya, proyek ini akan didanai oleh Word Bank dengan nilai 1 juta US Dollar per tahun.(*/Meg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com