Pembangunan SDN Gunungkaton Belum Dapat Dipastikan

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KOTABUMI (HS) – Salah satu ruang kelas yang dimiliki SD Negeri Gunungkaton Kecamatan Tanjungraja Kabupaten Lampung Utara kondisinya sangat memprihatinkan, sejauh ini masih belum dapat dipastikan pembangunannya. Hal ini disampaikan Ketua Tatakelola (Takola) SD Kabupaaten Lampung Utara, Lily Diana Fitri, saat dikonfirmasi, Minggu (24/09).

Dikatakannya, saat ini SD Negeri Gunungkaton baru memasuki tahapan verifikasi. “Khusus SD Negeri Gunungkaton, saya sudah melakukan verifikasi melalui Program Takola. Bapak bisa konfirmasi langsung dengan Kepala Sekolah SD Gunungkaton,” ujar Lily seraya mengatakan tidak berapa lama setelah adanya pemberitaan terkait kondisi ruang kelas SD tersebut, Kadisdikbud Lampura, Suwandi, sempat menghubunginya guna mempertanyakan apakah SDN Gunungkaton telah terdata dalam program Takola SD.

Meskipun sudah terverifikasi dalam Takola SD, jelas Lily, hal tersebut tidak menjamin SDN Gunungkaton mendapatkan bantuan pada 2018 mendatang. “Semua keputusan ada di Kementerian. Kita sendiri tidak tahu SD mana saja yang akan memperoleh bantuan Takola,” jelas Lily seraya menjabarkan pada saatnya nanti informasi terkait hal tersebut akan disampaikan langsung melalui keputusan dari Kementrian.

“Disdikbud Kab. Lampura saja belum tahu SD mana saja yang bakal memperoleh bantuan Takola. Karena, setiap tahun yang kita usulkan bisa mencapai ratusan sekolah. Sementara, kuota bantuannya hanya 30 sekolah pertahun,” urainya.

Diberitakan sebelumnya, (Baca : Suwandi : SD Gunungkaton Prioritas, Rabu (20/09), terkait ruang kelas berdinding papan yang ada di Desa Gunungkaton Kecamatan Tanjungraja, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Suwandi, mengatakan bahwa sekolah itu sudah masuk dalam prioritas program tahun 2018. Untuk itu, Disdikbud sudah mengintruksikan kepada SMKN 3 Kotabumi untuk melaksanakan verifikasi lapangan.Karena semua bantuan dari Pemerintah Pusat mulai tahun 2017 datanya bersumber dari Takola (Tata Kelola) yang dilaksanakan SMKN 3 Kotabumi. Yang punya keputusan itu kementrian, bukan kita. Kita hanya mengajukan usulan yang menjadi skala prioritas,” ujar Suwandi melalui sambungan telepon, (19/9). Diterangkan, pihaknya sudah mengintruksikan tim dari Dikdas bersama kasi SD untuk turun ke bawah melihat kondisi yang sebanarnya. ” Itu tim dari kita sudah saya minta untuk turun melihat sekolah tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, terdapat ruang belajar di Sekolah Dasar Negeri Gunungkaton, Kecamatan Tanjungraja, Kabupaten Lampung Utara dengan kondisi sangat memprihatinkan. Ruang kelas yang ditempati siswa kelas 1 (satu) SDN Gunung Katon ini masih berdinding papan dengan lubang di sana-sini, tanpa jendela, dan plafon yang rusak parah. Kondisi tersebut diperparah dengan keadaan kelas yang masih berlantaikan tanah.(efri).

iklan-hpn-2021.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com