Pariwisata Sektor Andalan Pembangunan Kabupaten Tanggamus

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Pembangunan kepariwisataan diarahkan kepada peningkatan pariwisata menjadi sektor andalan yang mampu menggalang kegiatan ekonomi termasuk kegiatan sektor lain yang tekait. Sehingga lapangan kerja pendapatan asli masyarakat, pendapatan daerah dan negara serta penerimaan devisa meningkat.

Hal itu yang dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus. Retno Noviana Damayanti dalam sambutannya pada kegiatan pembinaan Pokdarwis Kabupaten Tanggamus yang digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Kecamatan Gisting. Selasa (16/4).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Pemasaran, Kepala Seksi Tata Kelola Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Jajaran Disparbudpora Kabupaten Tanggamus, para Nara Sumber dan Ketua Kelompok Sadar Wisata berikut para peserta.

Retno melanjutkan, pembangunan kepariwisataan merupakan kegiatan lintas sektoral. Karena itu suksesnya pembangunan kepariwisataan nasional dan daerah sangat ditentukan oleh adanya dukungan serta partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat. Baik unsur pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat lainnya.

“Pengembangan objek wisata yang ada Kabupaten Tanggamus saat ini, berkembang sangat baik. Hal ini berkat kerjasama dan sinergitas antara Pemerintah, Pokdarwis, masyarakat dan stake holder. Sehingga akhirnya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus semakin di kenal masyarakat. Berdasarkan grafik pengunjung yang datang meningkat,” ujarnya Retno.

Retno menerangkan Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Diharapkan masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dan Sapta Pesona yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sumber daya manusia yang kuat dan berdaya saing tinggi dalam berbagai bidang, akan mendukung peningkatan percepatan pembangunan daerah. Begitu pula kekayaan sumber daya alam yang melimpah ruah akan menjadikan taraf kemandirian serta kesejahteraan suatu daerah,” terang Retno.

Retno menambahkan, untuk menjawab tantangan global, pembangunan pariwisata pengembangan SDM harus ditekankan pada penguasaan kompetensi yang terfokus pada suatu bidang tertentu. Yang pada gilirannya nanti akan mampu meningkatkan daya saing terutama antar Kabupaten di Provinsi Lampung.

Saat ini, mungkin sebagian masyarakat
mulai menunjukkan kesadaran akan potensi wisata yang kita miliki dalam bentuk dukungan dan apresiasi besar terhadap pagelaran seni, serta wisata yang dilaksanakan. Namun secara substansi kiranya belumlah berada pada taraf yang memuaskan.

“Oleh karena itu, dengan diadakannya kegiatan pembinaan yang kita selenggarakan ini sangatlah baik, untuk dapat meningkatkan pengetahuan para pengelola Pokdarwis yang ada di Kabupaten Tanggamus ini. Sehingga para wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan datang berkunjung akan merasa aman, nyaman dan kondusif,” ungkap Retno.

Lebih lanjut Retno berharapa melalui Pokdarwis, kesadaran masyarakat Iebih memahami pentingnya sadar wisata dan menerapkan secara serius butiran sapta pesona. “Sehingga Kabupaten Tanggamus ini menjadi primadona tujuan wisata,”
pungkasnya Retno. (sis).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com