Muli Mekhanai Tingkatkan Pariwisata Lampung

Bagikan
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Lampung (HS) – Opening Ceremony dan Talent Show Pemilihan Muli Mekhanai Lampung, di Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung. Ajang pemilihan Muli Mekhanai Lampung itu diikuti sejumlah muli mekhanai dari seluruh kabupaten/kota se Provinsi Lampung, yang dibuka langsung  oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto. Selasa, (31/07/18).

Dalam kesempatan itu Budiharto menyampaikan, Lampung memiliki berbagai potensi pariwisata dan keanekaragaman budaya yang tidak kalah menariknya dengan daerah -daerah lain yang ada di Indonesia.

“Potensi pariwisata dan kekayaan budaya ini harus kita tumbuh kembangkan sebagai aset Lampung agar  provinsi kita akan semakin diminati oleh wisatawan untuk menjadi tujuan wisata,” ujarnya.

Sementara itu, Arizo Fhasha Wiliam Abung salah seorang juri dalam kegiatan tersebut menuturkan, pemilihan Muli Mekhanai Lampung merupakan ajang untuk menunjukan kemampuan dan bakat bagi para peserta utamanya dalam hal Pariwisata, budaya dan adat istiadat Lampung. Karenanya dalam penilaian akan dititik tekankan pada 3 B. Yakni Brain atau kecerdasan, Behavior atau prilaku dan Beauty atau kecantikan.

“Muli Mekhanai Lampung diharapkan dapat mempromosikan Pariwisata, budaya dan adat istiadat Lampung. Tidak hanya pada daerah lain, tetapi kepada dunia luar. Sehingga akan semakin menarik wisatawan datang ke Lampung,” jelas Arizo yang merupakan Ketua Asosiasi Indonesia Tour and Travel (ASITA) Provinsi Lampung itu.

Tokoh pemuda Lampung Utara itu menambahkan, kegiatan tersebut juga akan menambah pengalaman tersendiri bagi peserta utamanya di bidang kepariwisataan dan entertainment. Selain itu, dapat memberikan tontonan dan hiburan yang positif bagi masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan semakin memiliki pemahaman tentang budaya dan adat istiadat yang tumbuh dan tetap hidup dalam diri masyarakat Lampung. Dengan begitu  kegiatan semacam itu akan selalu mendapat dukungan masyarakat dan dan akan menjadi event yang dinantikan oleh masyarakat. Terlebih lagi bagi yang memiliki putera dan puteri yang mempunyai minat dan bakat serta kemampuan dalam mengembangkan bakat dan kreativitasnya pada ajang semacam Pemilihan Muli Mekhanai Lampung.

Arizo yang merupakan putra dari tokoh masyarakat Adat Lampura A.Akuan Abung itu menambahkan, kepada peserta yang terpilih menjadi juara  Muli Mekhanai Lampung pada Grand Final di Novotel Bandar Lampung, 3 Agustus mendatang dapat membawa pengalaman dan pengetahuan yang didapat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain mempromosikan pariwisata, budaya dan adat istiadat Lampung pada dunia luar. “Namun bagi yang belum berkesempatan, hendaknya tidak kecil hati melainkan dapat terus berjuang dan menimba ilmu lebih banyak lagi,” pungkasnya (Efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com