LPA Bandar Lampung Konsolidasi Program Kerja

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Lampung (HS) – Konsolidasi dan Pemaparan Program Kerja masing-masing Bidang Tahun 2020 LPA Bandar Lampung berlangsung seru, bertempat di Dapur Female jalan Ki. Maja Way Halim Bandar Lampung, Jum’at (10-01-2020) kemarin.

Sekretaris LPA bandar Lampung Nunung Herawati mengatakan, dalam kegiatan tersebut masing-masing Bidang sangat antusias, memaparkan program kerjanya dan terkesan sangat serius namun santai.

“Ya mas, sangat antusias sekali, memaparkan Program Kerjanya, meski serius namun dalam suasana yang santai,” jelasnya.

Acara di awali dengan arahan Ketua LPA Bandar Lampung (Ahmad Apriliandi Passa) yang menyampaikan, pasca Pelantikan Pengurus tanggal (27-12-2019) Tahun lalu, LPA Bandar Lampung harus dapat berlari kencang menyusun Program Kerja dan mengimplementasikannya di sepanjang tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut Bang April (sapaan akrab belau) mengingatkan kembali, Delapan Tugas Pokok Pengurus LPA Kota Bandar Lampung Periode 2019-2023 antara lain,

  1. Mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data dan informasi yang berkaitan dengan pelanggaran hak-hak anak. 2. Melakukan advokasi untuk mendukung pembuatan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berpihak kepada kepentingan anak. 3. Melakukan sosialisasi dan deseminasi Perpu dan program kegiatan perlindungan anak. 4. Melakukan kordinasi bersama dengan instansi/lembaga terkait dalam hal perlindungan anak. 5. Melakukan bantuan teknis dan peningkatan kualitas petugas pelaksana perlindungan anak. 6. Mengembangkan dan mengembangkan forum anak sebagai partisipasi anak dalam perlindungan anak. 7. Melakukan rujukan kasus ke pusat-pusat layanan seperti puskesmas, rumah sakit, pusat pelayanan terpadu, pelayanan tindak kekerasan, pelayanan perempuan dan anak, rumah perlindungan sosial anak, lembaga sosial masyarakat, panti asuhan dan lain sebagainya. 8. Melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan kegiatan perlindungan anak di Kota Bandar Lampung. Kedelapan tugas pokok tersebut adalah panduan kepada pengurus untuk melaksanakan program kerjanya.

Selanjutnya Pemaparan Program Kerja masing-masing Bidang, seperti yang disampaikan oleh Koordinator Bidang Organisasi dan Keanggotaan (Gunawan Handoko) yang berencana mrmperkuat statuta kelembagaan LPA Kota Bandar Lampung, dengan membentuk berbagai komunitas atau kelompok aksi Gerakan Perlindungan Anak dalam rangka kaderisasi keanggotaan. Koordinator Advokasi dan Reformasi Hukum (Donald Andrias) menyampaikan, akan senantiasa konsisten dalam melakukan advokasi yang berpihak kepada kepentingan anak.

Koordinator Pemantauan Hak Anak (Heriyanto Saputra), yang akan melakukan dan mengkaji Hak-hak Anak Kota Bandar Lampung, sepanjang tahun 2020, bersinergi dengan Dinas PPPA Kota Bandar Lampung untuk dapat saling tukar informasi agar hak-hak anak Kota Bandar Lampung dapat terpenuhi. Salah satu Programnya adalah Pembentukan dan Peleburan Forum Anak Kota Bandar Lampung, yang sebelumnya sudah terbentuk oleh Dinas PPPA, sehingga Forum Anak ini menjadi lebih kuat dan dapat mewakili anak-anak Kota Bandar Lampung.

Koordinator Hubungan Antar Lembaga (Fajar Ramadhan) menyampaiakan, akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik Pemerintah maupun Swasta atau Perusahaan, apalagi pelaksanaan Konferensi Anak Indonesia 2020 akan dilaksanakan di kota Bandar Lampung.

Koordinator Pendidikan, Seni dan Budaya (Lenny Suryani) dengan berapi-api menyapaikan keinginannya, bahwa Pembenahan Edukasi terhadap anak dapat di mulai dari Kesekretariatan LPA Kota Bandar Lampung, dengan pemasangan Spanduk, Banner dan Famplet. Penataan Pelayanan yang baik dari LPA Kota Bandar Lampung, terhadap pengaduan yang masuk dari masyarakat dan selanjutnya baru dapat kita Edukasi masyarakat secara luas.

Diakhir kegiatan Bang April mengingatkan bahwa, pada Minggu Ke-3 di bulan Februari 2020 LPA Bandar Lampung, akan mengadakan kegiatan kampanye Anti Gawai & Save Our Traditional Games dan pada Minggu Ke-4 akan melaksanakan Lomba Mewarnai dengan Tema ‘Polisi Sahabat Anak’ bekerjasama dengan Polisi Selebriti.

Selanjutnya LPA Bandar Lampung, juga fokus bersiap menghadapi Kegiatan Berskala Nasional Konferensi Anak Indonesia Ke-17 di Kota Bandar Lampung.

“Semoga persiapannya dapat berjalan lancar dan sukses terselenggara,” harapnya.

Lanjut Bang April, “Semoga segenap Pengurus LPA KBL dapat menjalankan tugas pokoknya dengan baik, sehingga diakhir tahun kasus-kasus anak dapat tertangani oleh LPA Bandar Lampung, serta kasus-kasus yang melibatkan anak dapat menurun,” pungkasnya. (San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com