Lampung Utara Miliki Gedung Metrologi, 2019 Siap Operasional

Bagikan
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Daerah Lampung Utara, dalam hal ini Dinas Perdagangan telah membangun gedung metrologi. Gedung metrologi ini nantinya berfungsi untuk melakukan tera ulang terhadap berat jenis dan satuan isi.

Kepala Dinas Perdagangan, Wanhendri, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengatakan metrologi mengajarkan agar pelaku usaha dan masyarakat berlaku jujur sehingga terciptanya azas keadilan dan kesejahteraan.

“Metrologi tahun 2019 insya Allah sudah siap dijalankan, dengan harapan dapat menunjang PAD kita. Fungsinya akan melakukan tera ulang seperti di pos bensin, lapak singkong, perusahaan gas dan lainnya.” ujar Wanhendri, Rabu, (29/08/18).

Dikatakannya, saat ini segala persiapan telah dilakukan mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tenaga ahlinya. Nantinya pihak Dinas Perdagangan akan mengecek timbangan dan takaran, sesuai dengan netnya, “Itu yang akan kita cek, apa kita tahu berapa berat isinya itu, mencuri gak dia (pengusaha), jadi dengan adanya metrologi ini semua akan kita tertibkan (tera ulang),” ujarnya.

Sebagai contoh kecil, lanjutnya, apakah dapat dibenarkan jika ada masyarakat yang membeli ikan, cabe dan lainnya yang menggunakan timbangan, apakah sudah pas timbanganya itu. Hal ini lah yang memperkuat Dinas Perdagangan untuk mendirikan metrologi. “itu sebagian contoh kecil yang akan kita terapkan dengan adanya metrologi ini,” ucapnya.

Sementara ini diketahui, pihak Dinas Perdagangan belum bisa estimasi berapa jumlah lokasi yang akan dilakukan tera (pengukuran), dan sedang proses pendataan. (Efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com