Lampung Tutup Tujuh Daerah Destinasi Wisata Saat Libur Tahun Baru 2021

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Lampung (HS) – Lampung tutup tujuh daerah destinasi selama libur Tahun Baru 2021. Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Lampung Edarwan dalam rapat koordinasi pencegahan penyebaran Covid-19 di masa libur tahun baru, Selasa (29/12/2020).

Ketujuh daerah itu adalah Metro dan Bandar Lampung, Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Pesawaran.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi pengunjung dari luar daerah, dimana wilayah-wilayah tersebut memiliki banyak tujuan pariwisata.

“Ini untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran covid-19 selama libur tahun baru,” ungkap Endarwan.

Selain itu pihaknya juga melakukan koordinasi secara intensif kepada setiap daerah dan membagikan alat cuci tangan ke 110 destinasi wisata.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Romadhona mengatakan pihaknya akan menindak tegas pengelola pariwisata yang tetap buka. Dalam memberikan sanksi ia berpedoman pada Perda nomor 3 Tahun 2020 tentang kebiasaan baru.

Pemkab Pesawaran akan memberikan teguran serius bagi pelanggar baik perorangan atau perusahaan. Jika terulang, maka akan diberi sanksi pembekuan izin sementara.

“Jika ada pengelola wisata yang buka kami akan bekukan izinnya,” tegas Dendi.

Kota Bandar Lampung tutup tujuh ruang terbuka publik

Kota Bandar Lampung akan menutup tujuh ruang terbuka publik berupa Taman Kota, yang menjadi tempat berkumpulnya warga untuk merayakan Malam Penggantian Tahun.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rafly Yusuf Nugraha mengatakan, tujuh lokasi itu adalah Tugu Adipura (pusat kota), Taman Gajah, Simpang Masjid Agung Al Furqan, PKOR Way Halim, Lapangan Korpri, Komplek Gubernuran, dan Stadion Pahoman.

“Ditutup sementara untuk mencegah terjadinya kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19,” kata Rafly, Rabu (30/12/2020).

Rafly menambahkan, penutupan ketujuh lokasi itu dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan wali kota Bandar Lampung dan instansi terkait.

Selain penutupan itu, Rafly menambahkan, pihaknya juga menutup serta mengalihkan arus lalu lintas yang menuju lokasi ruang terbuka publik itu.

Diantaranya, Jalan P Diponegoro – Jalan Dr Susilo – Jalan Juanda yang menuju Simpang Masjid Agung Al Furqan. Kemudian Jalan Sultan Agung – Jalan Pemuda yang menuju PKOR Way Halim.

Akses menuju Stadion Pahoman pun dialihkan yakni Jalan Way Lubuk- Jalan Way Sekampung – Jalan Nusa Indah. Kemudian akses ke Stadion Pahoman melalui flyover Gajahmada juga ditutup,”kata Rafly.

Selanjutnya, Jalan Wolter Monginsidi – Jalan WR Supratman yang mengarah ke Lapangan Korpri juga ditutup.

Kemudian akses menuju Tugu Adipura melalui Jalan Radin Intan – Jalan Kamboja – Jalan Tulang Bawang juga dialihkan. Penutupan akses menuju Taman Gajah juga ditutup, yakni dari Jalan Tulang Bawang – Jalan Sriwijaya – Jalan Singosari – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Majapahit – Jalan HOS Cokroaminoto.

“Masyarakat diimbau tetap berada di rumah, agar tidak ada kerumunan massa,” kata Rafly.

Jangan abaikan Protokol Kesehatan, Memakai masker, mencuci tangan, dan Menjaga jarak. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com