Kunker Pengelolaan TPS 3R dan IPAL Komunal Tabanan Bali

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tabanan Bali ( HS ),- Kementerian PUPR Ditjen Cipta Karya Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman pada hari ke 2 kegiatan Penyiapan Inplementasi Insfrastruktur Berbasis Masyarakat melakukan kunjungan kerja ke Desa Brantas Kecamatan Selemadeg Timur dan Desa Batannyuh Kabupaten Tabanan Bali, Kamis ( 19/7/2018 )

Mewakili Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan I. W Miarsana menyambut kedatangan Rombongan di Desa Bantas Kecamatan Selemadeg Tabanan,” Selamat datang bapak ibu semua, mohon maaf ibu Bupati tidak dapat hadir.

Kami merasa bangga dan terhormat sekali karena TPS 3 R di Desa Bantas dan Sanimas IPAL Comunal Desa Batannyuh dijadikan percontohan Nasional oleh Ditjen Cipta Karya Kemen PUPR, ujar I Wayan.

66.6 Ton sampah yang kami urus setiap harinya dan kami memandang hal tersebut tidak dapat dibiarkan karena akan menumpuk dan terbatasnya TPA, ada 10 TPS 3R di Tabanan, Partisipasi masyarakat 500 juta setahun dan dari APBD Tabanan 9 Milyar lebih, papar I. Wayan.

Kedepan kita masih berusaha untuk mendapatkan bantuan mesin pembuat pupuk sampah menjadi pupuk organikmelalui CSR Swasta,ujar I.Wayan.

Sambutan Ditjen Cipta Karya mewakili Direktur oleh Kabubdit persampahan dan kelembagaan Marselina Pasaribu,” kami ucapkan terima kasih atas sambutan Pemkab Tabanan dan masyarakat desa, kami banyak mendapatkan pelajaran penting tentang pengelolaan TPS 3 R dan Sanimas ini dan memotivasi daerah untuk dapat membuat TPS 3 R dan Sanimas di daerah,” papar Marselina

Paparan KSM Bastas Lestari disampaikan oleh I. Nyoman Sarasmini dan paparan IPAL Komunal Desa Batannyuh oleh Made Tirtayase dimana pengelolaan IPAL Komunal sudah dilaksanakan tahun 2017 yang lalu. (Meg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com