Kunjungan Badan Litbang Pertanian di Tanggamus Terkait Program I-CARE

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menerima kunjungan Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia terkait persiapan Program Integrated Corporation of Agricultural Research, Development and Empowerment (ICARE) Kementan 2022-2027 dan dalam rangka Kunjungan Lapangan Tim Persiapan ICARE ke Kabupaten Tanggamus, Selasa (08/06/2021).

Rombongan diterima langsung oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas PUPR Tanggamus, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Bappelitbang, Camat Air Naningan, Camat Pulau Panggung dan Camat Ulu Belu.

Program ini diusung Kementerian Pertanian dengan pelaksana Badan Litbang Pertanian dan akan ditindaklanjuti oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Lampung.

Bupati Tanggamus dalam sambutannya, menyambut baik program ICARE yang ditempatkan di Kabupaten Tanggamus, dimana Kabupaten Tanggamus terpilih sebagai Lokus ICARE bersama 9 Kabupaten lainnya di Seluruh Indonesia. semoga program ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan menjadi role model di Kecamatan lainnya atau Kabupaten Lain di Provinsi Lampung.

Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega menyampaikan paparan terkait profil Kabupaten Tanggamus tentang Komoditas utama yang akan dikembangkan melalui program ICARE.

Komoditas tersebut yakni integrasi perkebunan Kopi dan peternakan Kambing. “Rencananya korporasi Kopi dan Kambing ini seluas 1000 ha secara bertahap hingga 5 tahun ke depan”.ujar Hendra.

Pada hari Rabu, tanggal 9 Juni 2021 Tim ICARE akan melakukan Survey Langsung dilokasi yang didampingi Bupati Tanggamus Dewi Handajani dan akan meninjau serta berdiskusi dengan Kelompok Tani di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Ulu Belu, Air Naningan dan Pulau Panggung.

Berdasarkan data, program ICARE akan ditujukan kepada 58 Kelompok Tani (Poktan) , Ulu Belu 25 Poktan di 10 Pekon, Air Naningan 23 Poktan di 7 Pekon dan Pulau Panggung 10 Poktan di 10 Pekon, Ujar Kadis Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Tanggamus Dany Riza. (*/Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com