KPU Tanggamus, 14 Parpol Telah Lengkap Serahkan Berkas Bacaleg

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Sebanyak 14 partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum legislatif (Pileg) 2019 sudah menyampaikan berkas hasil perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus, sebagian besar parpol menyerahkan berkas dihari terakhir Selasa 31 Juli 2018.

“Ya, ke 14 parpol sudah menyerahkan berkas hasil perbaikan, hingga malam kami nyatakan semua berkas ada dan lengkap. Parpol yang pertama kali menyerahkan berkas hasil perbaikan adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan yang paling terakhir Partai Amanat Nasional (PAN), “kata Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra, Rabu (1/8/18).

Lanjut Oto, setelah berkas diterima tahapan selanjutnya yakni verifikasi berkas pada 1-7 Agustus. Verifikasi ini dimaksudkan untuk mengkroscek setiap dokumen dari bakal calon legislatif (Bacaleg).

“Verifikasi dilakukan untuk keabsahan berkas hasil perbaikan yang diserahkan parpol. Misalnya ada sanggahan dari masyarakat maka kami akan melakukan klarifikasi. Atau ada temuan dari kami dan kami ragu maka bisa lakukan klarifikasi terhadap lembaga yang menerbitkan dokumen bacaleg tersebut, “katanya.

Kemudian saat disinggung mengenai pergantian bacaleg, Otto belum bisa berkomentar, sebab ia belum melihat secara jelas dokumen dari bacaleg.”Mengenai ada tidaknya pergantian bacaleg, saya belum tahu, sebab belum lihat dokumennya, itu nanti ketahuan setelah verifikasi selesai, begitu juga dengan bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS) akan diumumkan dalam pleno 7 Agustus mendatang,” kata Otto.(Sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com