Komunitas Jumat Berbagi Lampung Utara Patut Ditiru

Bagikan
  • 35
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Menumbuhkan kepedulian sesama menjadi alasan terbentuknya Komunitas Jumat Berbagi (KJB). Komunitas ini diprakarsai pemuda pemudi Kotabumi, Lampung Utara. Mereka beranggotakan berbagai kalangan dan mempunyai satu tujuan.

Pencetus gerakan KJB Kotabumi, Lampung Utara, Firmansyah, saat dikonfirmasi mengatakan, pembagian bantuan Komunitas Jum’at Berbagi (KJB) pekan ini dilakukan di Dusun Nongko Jajar, Desa Kali Cinta, Kotabumi Utara. Di kediaman Rusdi (20), putra pertama yang harus mengorbankan masa mudanya untuk menghidupi dan menyekolahkan kedua adiknya, Yuli (kelas 5) dan Indah (kelas 3) sekolah dasar, Jum’at,(29/9/17).

Setelah ditinggal ayahnya yang meninggal 6 tahun silam serta ibu yang menikah lagi, Rusdi terpaksa merubah perannya menjadi seorang ayah dan kakak bagi kedua adiknya. sehari-hari Rusdi bekerja sebagai buruh upahan penyadap karet, yang dibantu kedua adiknya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dengan mencari lelesan singkong sepulang dari Sekolah, dengan hasil 7000-10.000. Rupiah, Itupun tidak setiap hari di lakukan, tergantung jika ada tetangga sekitar yang panen singkong.

Dengan melihat kondisi Rusdi beserta kedua adiknya yang penuh pengorbanan, Tim KJB berinisiatif untuk membantu meringankan sedikit beban mereka. Dengan memberikan paket sembako dan bantuan dana untuk keperluan mereka sehari-hari. “Kami sangat prihatin dengan keadaan Rusdi ini bang, apa lagi melihat kedua adiknya yang tidak seperti kebanyakan anak-anak lainnya, harus memasak untuk makan mereka bertiga, tak jarang kedua adiknya pergi kesekolah dengan perut kosong,” Tutur Firman, dengan mata yang berkaca-kaca.

Komunitas Jum’at Berbagi (KJB), adalah merupakan salah satu komunitas atau wadah yang sengaja dibuat untuk menampung atau mengumpulkan sedakah yang berasal dari para Darmawan. Nantinya, sedekah tersebut akan disalurkan kepada para fakir miskin, anak yatim piatu, tukang becak, tukang ojek dan para pedagang asongan yang ada di daerah setempat.

“Kami (KJB) hanya mengumpulkan sumbangan dari para donatur dan selanjutnya, sumbangan itu kami salurkan kepada yang berhak dalam bentuk Nasi Sehat setiap hari Jum’at dan tidak menutup kemungkinan kalau dananya cukup kita bagikan juga dalam bentuk paket sembako dan lainnya,” Kata Ketua KJB Kotabumi Firman.

Dikatakannya, KJB, Kotabumi ini merupakan kegiatan sosial untuk masyarakat. dimana didalam perjalanannya tidak terikat dengan Organisasi, Politik, Instansi, dan lain sebagainya.

Dia juga menegaskan, kegiatan ini hanya untuk membantu saudara-saudara yang kurang mampu, dan semua anggota yang ikut bergabung di KJB Kotabumi ini ikhlas membantu.  (efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com