Kepala Desa Way Kepayang Diduga Gelapkan Dana Bumdes

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pesawaran (HS) – Masyarakat Desa Way Kepayang, Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran, menduga adanya indikasi penggelapan Dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tahun Anggaran 2018, yang dilakukan oleh Kepala Desa Samsul Azwar.

Menurut Bapak Imron salah seorang tokoh masyarakat desa Way Kepayang menuturkan Kronologisnya sebagai berikut: Pada tanggal 22 Desember 2018 terjadi pencairan Dana Program Gerakan Desa Ikut Sejahtera (Gadis) senilai Rp.100 juta yang merupakan dana stimulan penguatan Badan Usaha Milik Desa dari Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Pencairan Dana dilakukan oleh Direktur Bumdes Abdul Rohman dan Bendahara Bumdes Toipah, didampingi Samsul Azwar sebagai kepala desa Way Kepayang. Usai pencairan uang langsung diminta oleh Samsul Azwar namun tidak diberikan oleh Abdul Rahman selaku Direktur Bumdes. Karena terus memaksa akhirnya dana tersebut diserahkan terimakan dari Abdul Rohman kepada Samsul Azwar bertempat dirumah bapak Imron, dengan menandatangani surat pernyataan. Hal ini dikuatkan oleh tokoh Masyarakat dan tokoh Pemuda setempat, Sabtu 21 Desember 2019.

Menurut masyarakat setempat, terindikasi penggelapan karena realisasinya tidak sesuai dengan Rencana Anggaran dan Peruntukan.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat penyerahan dana Gadis menegaskan bahwa (dikutip dari Radar Lamsel) “Bantuan stimulan Gerakan Desa Ikut Sejahtera (Gadis)  senilai Rp. 100 juta untuk desa  ditekankan untuk penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan merupakan komponen Pembiayaan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).” Setelah dana Gadis ditransfer ke rekening desa, diharapkan segera mentransfernya ke rekening BUMdesa untuk selanjutnya pengurus BUMDesa lah yang akan mengelolanya sesuai dengan jenis usaha yang diusulkan kepada tim koordinasi Gadis,” ungkap Dendi saat menyerahkan bantuan Gadis kepada 44 desa yang dipusatkan di aula Pemda Pesawaran, Jum’at (02/11/2018).

(Eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com