Kemenkes Dukung Gagasan 1 Desa 1 Sanitarian, Apa Itu?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jakarta (HS) – Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH, mengapresiasi dan menyambut baik ide Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) untuk menginisiasi Konsep 1 Desa 1 Sanitarian. Hal tersebut disampaikannya saat membuka Rapat Kerja Nasional HAKLI 2020, di Hotel 101 Sedayu Darmawangsa, Jakarta.

Dirjen Kesmas mengungkapkan bahwa tenaga Sanitarian saat ini memang dirasa memiliki beban kerja yang cukup berat, membawahi jumlah desa yang cukup banyak 1 orang tenaga Sanitarian dalam 1 wilayah Puskesmas dirasa sangat kurang. Ia lantas membandingkan bidan yang sudah ada di setiap desa saat membantu dalam meningkatkan kinerja, untuk itu ia berharap konsep 1 desa 1 Sanitarian dapat ditindaklanjuti pada tataran lebih lanjut dalam hal ini Kemenpan RB.

Rakernas yang berlangsung dari tanggal 21-22 Februari 2020 mengangkat tema Penguatan Strategis HAKLI dalam Mendukung Satu Desa Satu Sanitarian untuk Menuju Desa Sehat Nasional diikuti oleh Pengurus Pusat, Pengurus Provinsi dan Pengurus Cabang HAKLI SE Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut turut di Deklarasikan Konsep 1 Desa 1 Sanitarian yang diikuti oleh Pengurus Pusat HAKLI, Pengurus Provinsi serta Pengurus Cabang di saksikan oleh Dirjen Kesmas, Kemenkes RI, Kepala BPSDM, Kemnkes RI, Dirjend Bangda, Kemendagri serta Dirjen PKT.

Dalam kegiatan tersebut Lampung mengikut sertakan Ketua HAKLI Provinsi Lampung, Agus Setyowidodo, SKM, MKM, Ketua Bidang Organisasi M. Muqouwis. AT, SKM, M.Kes serta Nurdina HAKLI Bandar Lampung serta Budi Ghozali, SKM, M.Kes, Ketua HAKLI Tanggamus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com