Kadis Pertanian Lampung Utara Bantah Terima Kembalian Dana Hibah Gapoktan

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, Kabupaten Lampung Utara Sopyan membantah pernyataan Ketua Kelompok Gopaktan yang membawahi 10 kelompok tani di Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, perihal Dana Bantuan Hibah Bergulir tahun 2015 sudah dikembalikan kepada Dinas Pertanian.

“Pernyataan Ketua Gapoktan M. Sahmin itu tidak benar yang menyatakan Dana Hibah Bergulir di kembalikan ke Dinas Pertanian. Sebab sudah jelas itu dana hibah yang peruntukkan untuk membantu kelompok tani untuk mengembangkan usaha mereka, ” kata Sopyan waktu di konfirmasi diruang kantor dinas pertanian Kamis (07/08/20) pagi.

Menurut dia, Ketua Kelompok Gapoktan M. Sahmin beberapa hari lalu, telah menghadap dirinya untuk mempertanyakan dimana keberadaan dana hibah bergulir tersebut.

” Namun bersangkutan berkata dana itu ada direkening, dan saya telah meminta bukti semua berita acara Administrasi Gapoktan, kita lihat dan silahkan minta bukti print dari mereka (Sahmin) ” Kata dia.

Bila benar dana hibah itu adanya direkening, lanjut Sopyan, dirinya meminta kepada Sahmin untuk bukti adminitrasi seperti buku rekening, kuintansi pengembalian dan peminjaman dari kelompok tadi dan lainnya.

” Hal demikian dilakukan untuk memastikan dana hibah bergulir apakah masih ada atau tidak, ” Jelasnya.

Ia menambahkan, Ketua Gapoktan berjanji akan menggulirkan dana hibah tersebut pada tahun 2021 mendatang kepada kelompok tani. Walaupun tersirat ada yang ditutupi.

“Kita tunggu saja, kalau sampai benar dana tersebut tidak ada maka konsekwensi nya mereka (Gapoktan Wonomarto) yang bertanggung jawab, apa lagi ini sudah fitnah dinas bahwa oknum ketua gapoktan (Sahmin) telah mengembalikan dana tersebut ke dinas,” tegas Kepala dinas Pertanian Sopyan. (efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com