Kabupaten Lampung Utara Terima Penghargaan Tingkat Nasional Dari MA

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Lampung Utara meraih Penghargaan Tingkat Nasional dari Mahkamah Agung RI, yang diterima langsung Bupati H.Agung Ilmu Mangkunegara, yang dinilai telah berhasil membuat program terlaksananya Sidang Keliling Terpadu, Isbat Nikah sejak Tahun 2015 di Provinsi Lampung, khususnya Lampung Utara.Kamis (9/3/17).

Penghargaan Nasional tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Republik Indonesia, Fauzan, dilokasi Sidang Keliling Terpadu Isbat Nikah,di Desa Negara Tulang Bawang Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara.

Dimana dalam kesempatan Sidang Isbat turut hadir,Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Propinsi Lampung, Abdul Mukti, Ketua Pengadilan Agama Lampung Utara, H. Sanusi, Forkopimda, Asisten I, SKPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan warga masyarakat sekitar.

H. Azhar Ujang Salim selaku ketua pelaksana meyampaikan bahwa sidang Isbat Nikah yang dilakukan bertujuan agar masyarakat yang sudah menikah tetapi belum memiliki buku nikah untuk dapat kepastian hukum, seperti mendapatkan buku nikah, akta nikah, akta kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya, yang mana sangat berguna untuk anak-anak mereka dimasa depan.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama RI, Fauzan, memberikan apresiasi terhadap kinerja Bupati Lampung Utara yang sangat memikirkan bagaimana cara untuk mensejahterakan rakyat.

Dikatakannya bahwa ini merupakan pertama kalinya dirinya mendengar, seorang Bupati menyebut dirinya seorang pelayan rakyat, yang mana rakyat adalah Raja.

Dirinya menjelaskan bahwa dengan disahkannya pernikahan pasangan siri tersebut kemudian akan dibuatkan buku nikah yang merupakan keuntungan untuk suatu keluarga. Karena menurutnya, dengan adanya buku nikah dapat memberikan manfaat bagi keluarga, contohnya dalam mendapatkan bantuan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis dan program pemerintah lainnya, yang memerlukan dokumen administrasi yang legal.

Fauzan mengungkapkan bahwa Kabupaten Lampung Utara yang dipimpin oleh H. Agung Ilmu Mangkunegara, merupakan Kabupaten pertama se- Indonesia yang melaksanakan sidang Keliling Terpadu Perkara Isbat Nikah. Oleh sebab itu kata dia, Mahkamah Agung menilai Kabupaten Lampung Utara yang dipimpin oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, pantas mendapatkan penghargaan itu.

“ Penghargaan ini diberikan pertama kali Se- Indonesia, karena Lampung Utara merupakan sebagai pelopor pelaksana Sidang Isbat diwilayahnya” ujar Fauzan.

Bupati Agung, Dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini masih banyak pernikahan belum tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) sehingga pasangan tersebut tidak memiliki Buku Nikah.

Dijelaskannya dengan tidak dimilikinya buku nikah akan berakibat permasalahan dalam mengurus berbagai dokumen keluarga yang dibutuhkan, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga.

Oleh karena itu, lanjut Agung, sebagai wujud kepedulian nyata Pemerintah Kabupaten Lampung Utara kepada masyarakat yang belum memiliki dokumen pernikahan, Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara menyelenggarakan Sidang Isbat bagi pasangan nikah siri. Dengan tujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status hukum atas keluarga.

Selain dilakukan Sidang Isbat bagi pasangan nikah siri, dirinya juga mengutarakan saat ini untuk melayani kebutuhan kelengkapan administrasi kependudukan, Pemkab Lampura telah menyediakan pelayanan Administrasi Kependudukan dengan menggunakan Mobil Keliling.(efry).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com