Inspektorat Lampura Pernah Tegur Pengguna ADD Desa Kinciran

Bagikan
  • 29
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Meski sudah ditegur berbagai pihak, Kepala Desa Kinciran, Kecamatan Abung Tengah, Lampung Utara, tampaknya “cuek” menggunakan Dana Desa (DD), Rabu (28/11/18).

Hal itu terkuak dari keterangan pihak Inspektorat Kabupaten Lampung Utara yang menerangkan, bila pihaknya sudah pernah melakukan teguran pembangunan menggunakan DD tahun 2017 terhadap Desa Kinciran Kecamatan Abung Tengah melalui Kecamatan.

Teguran itu ditujukan antaranya pada pekerjaan pembangunan lampu jalan, gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Balai Desa dan lainnya. Namun, masih terdapat item yang diduga menjadi persoalan.

“waktu itu kita sudah melayangkan surat teguran melalui Kecamatan ini ini (item pekerjaan) yang belum selesai, setelah itu tidak mengetahui lagi perkembangannya,” jelas Jauhari, Irbanwil III Inspektorat Kabupaten Lampung Utara, mewakili Mankodri Inspektur, rabu (28/11/2018).

Inspektorat menilai seharusnya setelah adanya laporan yang ditujukan ke pihak Kecamatan, Kecamatan dapat lebih aktif melakukan pembinaan sehingga tidak sampai ke ranah hukum.

“Seharusnya mereka (Kecamatan) proaktif, kalau sudah ditegur masih (dibiarkan) ya artinya tidak ada itikad baik. Kalau sudah keranah hukum ya kita serahkan sepenuhnya, karena kitakan sebatas pembinaan.” ujarnya.

Sementara mengenai pembangunan menggunakan DD tahun 2018, pihak Inspektorat belum menerima surat teguran atau tembusan, “itu sudah dilakukan Monev namun kita belum terima tembusanya,” pungkasnya.

Diketahui, Irbanwil III Inspektorat Kabupaten Lampung Utara membawahi 6 Kecamatan antaranya, Bukit Kemuning, Abung Tengah, Abung Barat, Abung Tinggi, Abung Kunang dan Tanjung Raja.(Ef).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com