Inspeksi Tambang Batu Sekipi, ESDM Lampung: Tunggu Hasilnya

Bagikan
  • 78
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Dinas Kementerian ESDM Provinsi Lampung bersama BLH, Dinas PU dan Komisi III DPRD Lampung Utara meninjau aktivitas tambang batu di Desa Skipi, Kecamatan Abung Tinggi, yang diduga akan berdampak pada Canguk Ghacak Makam Minak Trio Diso bila terjadi pembiaran. Senin (04/12/17).

Kepala Seksi Pembinaan Mineral dan Batu Bara Dinas ESDM Provinsi Lampung, Rusdi, dalam kunjungannya mengatakan, untuk hasil jelasnya akan diberikan informasi setelah melakukan kajian dan rapat atas data-data yang diperoleh pihaknya hari ini.

“Hasil temuan kita di lapangan, karena dalam tahap pengambilan data, mungkin dari data-data Dinas ESDM termasuk inspektor tambang nanti kita padukan bareng-bareng di kantor, nanti kita diskusikan termasuk akan kita sampaikan kepada pimpinan Dinas,” Tutur Rusdi.

Setelah pihaknya melakukan rapat barulah akan disimpulkan apa yang menjadi temuan atau masukan yang nantinya akan disampaikan kepada DPRD Lampung Utara dan dinas instansi terkait di Kabupaten Lampung Utara.

“Nanti saya buat stetmen khusus, dari hasil diskusi itu akan disampaikan ke DPRD. Sesuai dengan tugas kita hari ini adalah mendampingi Komisi III DPRD Lampung Utara,” kata Rusdi.
Pada kesempatan itu, Anggota Komisi III DPRD Lampung Utara, Herwan Mega, mengatakan langkah pihaknya setelah melakukan peninjauan di lokasi tambang yang diduga akan mempunyai dampak terhadap Makam Minak Trio Diso tersebut menyatakan.

“Yang jelas kita sudah melihat bersama dan kita menunggu hasil dari provinsi apa yang ditemukan atau apa yang diketahui, setelah itu kita akan memediasi dengan semua lapisan yang kaitannya dengan tambang dengan makam. Kita akan duduk satu meja, baik itu tokoh adat, masyarakat, lingkungan dan Aparat desa,” Terang Herwan Mega. (Sarnubi/efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com