Ini Penyebab Banjir di Lampung Utara

Bagikan
  • 21
  •  
  •  
  •  
  •  

KOTABUMI (HS) – Banjir yang mengepung Lampung Utara dalam beberapa hari terakhir diketahui bukan karena pembuangan air dari bendungan Way Rarem. Minggu (17/2/18).

‌Berdasarkan pemantauan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Utara, Karim SR.di Bendungan Way Rarem, Kondisi bendungan way rarem masih dibawah standar.

Diketahui faktor luapan air tersebut berasal dari beberapa titik anak sungai yang menyatu di sungai way abung hingga menimbulkan banjir di lima Kecamatan Lampung Utara.

”Justru bendungan masih mengalami kekurangan air untuk irigasi,”ujar Karim SR, seraya menjelaskan faktor penyebab banjir yang terjadi akibat luapan sungai way abung.

‌Sementara itu Salkodrat selaku petugas UPT Way Rarem mengatakan jika elefasi bendungan way rarem masih normal,”Dari elefasi 5,4 yakni elefasi maksimal, namun kondisi bendungan way rarem saat ini 52,9 artinya elefasi tersebut masih dibawah normal,”terangnya.

Penyebab luapan banjir itu yakni adanya luapan aliran sungai yang berkumpul di sungai way abung dan mengalir menuju way sesah dan menyebabkan luapan air atau banjir,”Kembali saya tegaskan jika kondisi bendungan way rarem normal dan banjir bukan karena luapan bendungan way rarem melainkan luapan sungai way abung,”tukasnya.

‌Untuk diketahui, hingga saat ini terdapat lima kecamatan di Lampung Utara yang terkepung banjir yakni Kecamatan Kotabumi Selatan, Kotabumi Kota, Kotabumi Utara, Sungkai Selatan, dan Abung Timur.(Efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com