Ikan Melimpah! Nelayan Kuala Jaya Sragi Minta Bantuan Mesin dan Jaring

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Seragi (HS) – Nelayan Kuala Jaya, Desa Bandar Agung, Kecamatan Seragi, Kabupaten Lampung Selatan, mensyukuri ikan didaerahnya melimpah, namun sayang kekurangan mesin pendorong perahu dan minimnya jaring, akibatnya penghasilannya tidak bisa meningkat, para nelayan meminta bantuan Kementrian dan dinas terkait, Kamis (11/12/2019).

Abdul Wafa (25), nelayan menuturkan kepada hariansumatera.com mengaku dilaut Kuala Jaya banyak jenis ikan, Alhamdulillah Allah, menjadikan daerah ini lumbung ikan tidak pernah habis-meski diambil setiap hari diambil.

Namun sayang warga nelayan Kuala Jaya Sungai Nibung sangat minim alat tangkap, oleh karenanya berharap kementerian dan dinas terkait dapat memberikan bantuan peralatan seperti mesin pendorong perahu dan berbagai jenis jaring serta mata kail.

Selama ini penghasilan nelayan pas-pasan, kadang beberapa hari melaut tidak dapat ikan, sudah bertahun tahun nelayan Kuala Jaya belum pernah mendapat bantuan.

Menurutnya setiap melaut belum bisa dipastikan pulang membawa ikan, tidak seperti nelayan punya modal besar. Para nelayan di daerah Kuala Jaya ingin menjadi nelayan yang berhasil, bisa buat rumah bisa kebeli sepeda motor.

“Namun apa boleh buat pemerintah terkait belum berpihak kepada kami,” tutur Abdul berharap.

Saleh (35) nelayan lain membenarkan kata temannya, di daerah Kuala Jaya, ada puluhan nelayan yang nasibnya memprihatinkan.

Menurut Saleh ada 50 orang nelayan di Kampung Nelayan Kuala Jaya, terbagi empat kelompok. “Saya berharap kementrian kelautan dan perikanan di Jakarta dapat membantu jaring, kail dan mesin pendorong perahu, sarana ini sangat dibutuhkan agar keluarga nelayan di Kuala Jaya dapat hidup sejahtera,” harapan Saleh. (gun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com