Hujan Lebat, Air Way Umban Lampung Utara Meluap

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Aliran sungai Way (sungai) Umban yang mengalir di wilayah Kotabumi dan sekitarnya, Kabupaten Lampung Utara meluap. Pasca hujan lebat yang melanda sebagian pusat pemerintahan kabupaten tertua di Lampung itu, sejak tengah malam sampai dengan, Jumat (29/5/2020) dini hari tadi.

Hingga menggenangi areal, persawahan perkebunan, bahkan diantaranya melimpah kejalan dan halaman warga. Untung saja kejadian tidak sampai masuk ke rumah-rumah berada dipemukiman masyarakat disana.

“Tadi pagi tim reaksi cepat (TRC) BPBD kita telah bergerak cepat melakukan pemantauan dan evakuasi disepanjang aliran Way Umban. Yakni Jalan Soekarno Hatta, Tanahrendah, dan Punaijaya, Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan. Benar terjadi peningkatan debit air hingga menggenangi pelataran rumah dan jalan, tapi tidak ada rumah yang tergenang, “kata Kepala BPBD Lampura, Karim Sr didamping Kabid Dalog Meri Edialis, Jumat (29/5/2020) petang.

Menurutnya, sampai dengan saat ini petugasnya masih berada dilapangan guna memastikan keadaan baik-baik saja. Kejadian berawal pada hari, dan untuk saat ini telah surut. “Petugas masih dilapangan, untuk mengumpulkan data. Alhamdulillah kali ini tidak ada rumah yang terendam, “terangnya.

Informasi dikumpulkan dilapangan, selain menggenangi jalan di daerah Tanahrendah, atau belakang kantor LDII Tanjung Harapan. Jalan yang terletak di Pandawalima menuju ke Tanjung Alam Permai, Rt/Rw 014/005, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan tak luput dari genangan air bah. Akibat luapan aliran sungai tersebut.(efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com