Hj. Winarti Pimpin Rakor Tim Pelaksana Program PKH

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Menggala (HS) – Bupati Tulangbawang Hj. Winarti  memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH),  di Ruang Rapat Utama Lantai II Kantor Bupati, Selasa (7/8/18).

Acara dihadiri Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung beserta rombongan, Koordinator Wilayah PKH Lampung II, Anggota Forkopimda, Sekda Tulangbawang, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional dilingkup Pemkab Tulangbawang.

Disamping itu turut hadir Pimpinan Cabang  Bank Mandiri, BRI, BNI46 KCP Tulangbawang, Kepala BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan Tulangbawang dan para peserta Rakor.

Menurut Bunda Winarti, bahwa PKH merupakan salah satu Program Nasional yang bermanfaat guna terlaksananya percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial.

“Maka program Keluarga Harapan lebih dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat melalui akses pelayanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial,” Jelas Winarti.

Dengan demikian, diharapkan Tim Pelaksana PKH harus dapat benar-benar bekerja secara maksimal untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang  benar-benar harus merasakan bantuan, jangan sampai  tidak tepat sasaran.

“Pada Tahun lalu, program Keluarga Harapan telah tersalurkan  bagi 8.100 Keluarga. peserta Penerima Manfaat Program Keluarga itu, maka dalam upaya memperlancar Program Keluarga Harapan ini kedepannya, para Koordinator Kabupaten, Pendamping Sosial PKH dan Administrator Pangkalan Data diharapkan dapat melaksanakan pemutakhiran data secara rinci untuk dapat mensukseskan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Tulangbawang ini,” harap Bunda Winarti.

“Kepada Dinas Kesehatan saya minta untuk memonitoring pelayanan petugas kesehatan terutama mencegah kematian ibu dan bayi, gizi buruk, dan memantau lansia dan penyandang disabilitas berat. Selain itu Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang juga saya harap dapat memonitoring pelayanan petugas pendidikan agar pendidikan dasar dan menengah dapat dirasakan oleh Keluarga Penerima Manfaat,” ungkap Bupati.

Sementara kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, agar dapat memonitoring petugas pelayanan pembuat surat kependudukan, supaya memprioritaskan pada Keluarga Penerima Manfaat untuk mendapatkan Kartu Keluarga dan e-KTP guna menunjang pelaksanaan pemutakhiran data pada Program Keluarga Harapan.

Lalu kepada Dinas Komunikasi dan Informasi diharapkan melakukan sosialisasi mengenai Program Keluarga Harapan, sehingga masyarakat mengetahui tentang peserta, manfaat dari Program Keluarga Harapan di Kabupaten Tulangbawang.

“Untuk Camat, agar mendukung Program Keluarga Harapan sebagai salah satu program nasional guna mengurangi kemiskinan dengan cara memberikan fasilitas kerja dan motivasi terhadap kinerja pendamping Kecamatan serta mensinkronkan kegiatan Program Keluarga Harapan dengan program penanggulangan kemiskinan yang lainnya,” pesan Bupati Winarti.

“Selain itu, kerjasama dengan lintas sektor perlu ditingkatkan. Bank penyalur yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia dan BNI 46 diharapkan melaksanakan rekonsiliasi penyaluran tepat waktu. Program dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dapat dimanfaatkan oleh SDM PKH, agar dalam pelaksanaan tugas kedepan tidak terkendala dengan kesehatan dan keselamatan kerja,” imbuh dia.

“Saya berharap melalui Rapat Tim Pelaksana Program Keluarga Harapan PKH Kabupaten Tulangbawang ini, kita semua dapat Bergerak Melayani Warga dengan penuh rasa tanggung jawab, beretika, berdedikasi, dan bekerja keras dalam upaya keberhasilan  pelaksanaan Program Keluarga Harapan, semoga Rakor ini dapat bermanfaat untuk kita semua,” tutupnya. ( Gun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com