Hari Peduli Sampah, Pemula Way Kanan Gelar Aksi

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Way Kanan – Memeringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), penggiat sosial kepemudaan yang tergabung dalam Pemuda Peduli Lingkungan dan Alam (PEMULA) Way Kanan Lampung adakan aksi pungut sampah. Lebih dari 500 orang terlibat dalam aksi bersih-bersih yang berlangsung pada Sabtu (25/2) pagi itu.
Kegiatan yang dilakukan pukul 07.30 WIB hingga 11.00 WIB tersebut, selain memungut sampah, juga dilakukan pemilahan sampah organik dan an organik hingga pengumpulan sampah. Selain itu juga dilengkapi dengan sosialisasi tentang sampah. Untuk sampah ranting yang kering, mereka kumpulkan untuk d olah menjadi pipuk. Sedangkan untuk sampah organik dikumpulkan dan dibuang di tempat pembuangan sampah akhir (TPA).
Menurut Ketua Panitia Aksi Pungut Sampah Kabupaten Way Kanan, Dede Yusuf FR. aksi tersebut merupakan agenda bersama yang juga dilaksanakan banyak kota lain di Indonesia dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2027.
“Ini sebagai wujud keprihatinan dan aksi nyata PEMULA dalam penanganan sampah,” kata Dede Yusuf, usai melakukan aksi bersih-bersih sampah.
Dede mengatakan, Aksi Pungut Sampah ini dilakukan di sepanjang jalan Mayjend Ryacudu Kecamatan Blambangan Umpu, yang melibatkan masyarakat setempat, Karyawan PTPN VII Blambangan Umpu, Polres BWay Kanan juga pelajar TK IKI Blambangan Umpu, SDN2 Blambangan Umpu, SMP Negeri 5 Blambangan Umpu dan SMK Ngeri 1 Blambangan Umpu, diikuti oleh lebih dari 500 orang. Peserta aksi berjalan 14 Km memungut sampah disepanjang jalan Ryacudu (Simpang IV) hingga TPA Blambangan Umpu.
Sementara Ketua Umum PEMULA Asep Mu’min mengatakan, aksi tersebut merupakan program kampanye penyadaran masyarakat, guna meningkatkan kepedulian lingkungan, terutama sampah.
“Aksi Pungut Sampah tahunan ini juga untuk merangsang dan memotivasi generasi muda, selaku agen perubahan agar bisa menjadi Sahabat Bumi, guna peduli dengan masalah sampah dan lingkungan disekitarnya,” tukas Ketua Pemula Way Kanan.
Di tahun kedua berdirinya organisasi ini, imbuh Asep Mukmin, PEMULA Way Kanan kembali mengadakan Aksi Pungut Sampah, ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).
Misi Aksi Pungut Sampah ini, tambah dia,  adalah untuk 1. mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian sampah dan lingkungan di sekitarnya; 2. menjadi penggerak terlaksananya Gerakan Peduli Sampah di lingkungan masing-masing secara berkesinambungan dan sistematis; 3. mampu melahirkan generasi bijak Sahabat Bumi, yang berani beraksi nyata melakukan perubahan-perubahan yang signifikan di dalam memperlakukan alam dengan cinta, di dalam proses pembangunan yang berkelanjutan.
Sementara Sontri, SH. Lurah Blambangan Umpu, sangat mengapresiasi dan mendukung adanya aksi bersih-bersih sampah. Apalagi di jalan seperti ini. Sisi lain memberi contoh dan kesadaran terhadap setiap masyrakat, pelajar selaku pengguna jalan, agar tidak sembarang buang sampah di jalan.
“Sangat salut dengan aksi pungut sampah ini, selain sangat bermanfaat, aksi semacam ini layak di contoh dan meningkatkan kesadaran masyarakat itu sendiri, dengan ini masyarakat menjaga kebersihan dimana ia berada,” ujarnya.
Watini salah satu warga Km. 7 Blambangan Umpu, juga menyambut baik aksi 252 bersama PEMULA ini, diharapkan dari kegiatan ini akan menyadarkan masyarakat dan pelajar agar tidak buang sampah di jalan. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com