Gelombang Tinggi Terjang Pantai Kota Agung, 15 Kapal Nelayan Tenggelam

Bagikan

Kota Agung – Gelombang pasang dahsyat setinggi 4 meter terjang perairan laut Kota Agung kabupaten Tanggamus dan sekitarnya, gelombang juga menghantam dan menenggelamkan 15 perahu nelayan dengan berbagai bobot ukuran,  Selasa 29/05/2018.

Menurut Aris Munandar, Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten Tanggamus,  saat ini pihaknya masih mendata berapa perahu yang rusak dan tenggelam. Seluruh perahu dalam posisi angker di Pelabuhan Perikanan, Pelabuhan Perhubungan, Pantai Kuripan, dan Taman Wisata Muara Indah Kota Agung kabupaten Tanggamus.

Ada sekitar 15 perahu nelayan berbagai bobot dan ukuran rusak dan tenggelam akibat gelombang setinggi 4 meter, yang terjadi sejak senin malam hingga selasa pagi, ungkap Aris.

Aris  juga mengaku belum dapat menaksir total kerugian, namun perkiraan kerugian berkisar 25 juta sampai 50 juta dengan bobot perahu 3 GT sampai 6 GT. Atas musibah ini Aris Munandar berharap ada bantuan dari pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Tanggamus dan Bupati Tanggamus ujar Aris.

Menurut Kabid Kedaruratan BPDB Tanggamus Adi Nugroho mewakili Kepala BPBD Romas Yadi menjelaskan pihaknya bersama Basarnas sudah bersiaga lebih dari 12 jam dan tidak ada korban jiwa baik dari Nelayan maupun masyarakat.
” Untuk korban jiwa belum ada laporan, tapi kerugian materiil akibat kerusakan perahu sudah banyak, kami masih mendata dan menunggu laporan total gabungan Nelayan ” ujar Adi Nugroho. (Sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com