Dokumen Sungkai Bunga Mayang Belum Naik ke Provinsi

Bagikan
  • 181
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi –  Dokumen pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sungkai Bunga Mayang (SBM) ternyata masih ‘mandek’ di Sekretariat Pemkab dan belum diserahkan ke pemerintah Provinsi Lampung. Padahal, dokumen itu hasil keputusan paripurna persetujuan bersama antara Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan DPRD setempat, awal Desember 2016 lalu.

 

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Pemkab Lampura, Asmuni Effendi, kepada sejumlah wartawan, mengakui hal tersebut. “Iya memang belum dikirim ke provinsi,”katanya.

 

Asmuni berdalih, jika belum diserahkannya draf tersebut karena saat itu masih menunggu pembentukan dan penyusunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi, yang dinilai Asmuni mengalami keterlambatan.

 

“Karena OPD provinsi waktu itu belum dikukuhkan, maka belum kami antar (berkas SBM). Dan rencananya akan kami antar Senin pekan depan,”ujar Asmuni.

 

Sekedar mengingatkan, antara DPRD Lampung Utara dan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara menyetujui rencana pembentukan Kabupaten Sungkai Bunga Mayang (SBM) dalam rapat paripurna, Jumat, (9/12/2016).

 

Juru bicara  Pansus Pemekaran Kabupaten SBM Joni Bedyal, dalam laporannya mengatakan, pihaknya menelaah kajian Komisi 1 DPRD Lampura dengan acuan Undang-Undang 23 tahun 2014 yang telah diubah dalam Undang-Undang 09 tahun 2015 .

 

“Tujuan kerja tim DPRD ini untuk memastikan gambaran umum dalam rencana pemekaran Kabupaten SBM. Selanjutnya kami sudah melakukan konsultasi dengan Pemkab Lamteng dan Biro Otonomi Daerah Provinsi Lampung dan dinyatakan telah sesuai dan memenuhi persyaratan untuk dimekarkan,” ujarnya.

 

Sementara itu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dalam pendapat akhirnya mengatakan, tahapan calon Kabupaten SBM telah dapat diselesaikan bersama, dan itu semua terjadi karena sinerginya DPRD dengan pemerintah daerah.

 

Dia mengatakan, wacana pemekaran sudah berlangsung sejak 12 tahun silam dan saat ini aspirasi masyarakat sungkai bunga mayang telah terangkum. Dengan lokasi ibukota dipusatkan di Kecamatan Sungkai Selatan. (Efry).

 

hs-krs-22.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com