Disdukcapil Tanggamus Gelar Sosialisasi

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus gelar sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil di Gedung Fasilitas Umum, Komplek Islamic Centre (24/8).

Gelaran sosialisasi ini bertujuan mendukung tercapainya sasaran prioritas pembangunan nasional.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Tanggamus, Syarif Husin mengatakan prioritas pembangunan nasional melalui pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dan pencatatan sipil secara kontinyu untuk mendukung identitas penduduk yang tunggal, mutakhir dan terintegrasi.
“Dasar pelaksanaan kegiatan tersebut yakni, UU Republik Indonesia nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 tahun 2016 tentang administrasi kependudukan, peraturan menteri dalam negeri RI nomor 102 tahun 2016 tentang petunjuk tekhnis penggunaan dana alokasi khusus non fisik dana pelayanan adminduk, serta dokumen pelaksanaan anggaran SKPD Disdukcapil Tanggamus tahun anggaran 2017 nomor 2.06.01.07.20.5.2

Ia menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menambah pengetahuan tentang administrasi kependudukan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terwujudnya tertib admnistrasi kependudukan. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat, yakni Islamic Centre, Gedung Serumpun padi, dan aula Kecamatan Pugung kedua tempat tanggal dan harinya belum ditentukan.
“Secara keseluruhan peserta sosialisasi berjumlah 150 orang dan dibagi menjadi tiga wilayah, dan tiap wilayahnya berjumlah 50 orang, melibatkan pejabat struktural kecamatan, KUPT Disdukcapil, petugas operator KTP-E kecamatan, perwakilan pekon, Dinas Pendidikan, serta staf Disdukcapil Tanggamus,” jelasnya.
Sementara itu, Asisten Bidang pemerintahan Pemkab Tanggamus, Paksi Marga menyampaikan. Peningkatan Adminduk merupakan salah satu upaya upaya mensuksekan agenda pembangunan yang menjadi prioritas Pemerintah saat ini serta mewujudkan program nawa cita.
“Pemberian identitas kependudukan pada anak akan mendorong peningkatan pendataan perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak,” terangnya.

Ia juga berharap kepada Disdukcapil Tanggamus, agar segera melaksanakan kegiatan dalam rangka penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). Pemkab Tanggamus melalui Disdukcapil telah berupaya meningkatkan pelayanan Adminduk seoptimal mungkin dengan memperpendek jangkauan masyarakat melalui jemput bola ke kecamatan, sehingga memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan.
“Kepada aparatur pemerintah yang menangani proses pembuatan dokumen kependudukan dari tingkat kabupaten sampai dengan kecamatan, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan Adminduk dengan maksimal, beri pengertian dan pengetahuan tentang pentingnya dokumen kependudukan, serta sanksi-sanksi bila mengabaikan dokumen kependudukan,” pungkasnya.(sis)‎

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com